Jambi Terkini

Lima Zona Hijau Boleh Buka Sekolah, Kecuali Kerinci

Juli 11, 2020 06:56
Johansyah. (ist)
Johansyah. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menyepakati daerah dengan zona hijau boleh melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan perekonomian lainnya.

Ada lima Kabupaten/Kota yang masuk kategori zona hijau, Tebo, Merangin, Bungo, Tanjung Jabung Timur dan Kerinci. Namun hanya empat yang boleh membuka kembali sekolah, sementara Kabupaten Kerinci masih belum boleh meski masuk zona hijau.

"Hasil rapat gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi bersama gugus tugas Kabupaten/Kota menyepakati untuk zona hijau boleh membuka lagi sekolah dan kegiatan perekonomian lainnya. Namun Kerinci belum, karena Kerinci memiliki satu kasus Kematian akibat Covid-19," ujar Johansyah Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Secara detail ada lima poin kesepakatan hasil rapat, pertama adalah pembukaan sekolah hanya boleh dilakukan di wilayah yang masuk zona hijau kecuali kabupaten Kerinci.

BACA JUGA : Tak Ada Penambahan Kasus Positif, Jambi Kembali Aman dari Covid-19

Kedua Kegiatan berdampak ekonomi sedang atau tinggi sebagaimana tersedia dalam matriks rekomendasi disesuaikan dengan zonasi wilayah masing-masing.

Ketiga Evaluasi mingguan zonasi dilakukan dengan penyediaan data update dari dinas kesehatan provinsi Jambi berkoordinasi dengan RS rujukan setiap 7 hari dengan data kondisi harian.

Keempat Evaluasi kondisi pada tanggal 12 Juli, akan di-update selambat-lambatnya pada tanggal 14 atau 15 Juli 2020. Kemudian akan ditentukan sesuai update kondisi zonasi perminggu.

Kelima, disepakati jika Kota Jambi sebagai daerah yang dinilai paling siap dalam penerapan new normal namun masih dalam zona Kuning. Maka dapat melakukan percobaan new normal dengan melakukan pemetaan resiko perkecamatan. Dan dapat membuka sekolah di kecamatan yang masuk kategori zona hijau. (IMC02)