Kota Jambi Bersiap Laksanakan Tes PCR Secara Mandiri

Kota Jambi Bersiap Laksanakan Tes PCR Secara Mandiri
Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Wali Kota Jambi Maulana berikan keterangan pers. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pemerintah Kota Jambi terus mempersiapkan fasilitas untuk dapat melaksanakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) covid-19 secara mandiri. Walikota Jambi, Sy Fasha mengatakan, akan ada dua alat tes yang digunakan nantinya. 

"Satu alat tes PCR sudah dipesan melalaui e-Katalog, dan satu lagi alat PCN di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi dapat difungsikan untuk tes PCR covid-19," katanya.

Alat PCN yang terdapat di Rumah Sakit Abdul Manap akan difungsikan untuk keperluan tes PCR pasien di rumah sakit tersebut. Sedangkan alat PCR yang telah dipesan dan dalam proses pengiriman difungsikan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Jambi yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Saat ini pembangunan Labkesda Kota Jambi tersebut sudah mencapai 70 persen. Pada Desember 2020, Labkesda tersebut ditargetkan sudah dapat difungsikan.

BACA JUGA : 29 Pasien Covid-19 Jambi Dinyatakan Sembuh

Tes PCR yang akan dilakukan Pemerintah Kota Jambi secara mandiri tersebut atas pertimbangan pasien covid-19 yang terus bertambah. Ini juga untuk membantu tugas Provinsi yang melakukan tes PCR mandiri. 

Dengan banyaknya sampel dari seluruh Kabupaten/Kota yang harus diuji, tentu membuat tenaga yang ada kewalahan. Tes PCR secara mandiri tersebut dapat dilaksanakan Kota Jambi berkat penghargaan dari pemerintah pusat atas inovasi penanganan covid-19. Dari dana DED, pemerintah pusat memberikan bantuan sebesar Rp13,4 miliar untuk penanganan covid-19.

BACA JUGA : 7 Kasus Positif Covid-19 Jambi Asal Kerinci, Batanghari dan Tebo

"Dana tersebut kita gunakan untuk pelaksanaan tes PCR covid-19 di Kota Jambi, di mana dana tersebut digunakan untuk membangun gedung Labkesda, membeli alat kesehatan untuk tes PCR dan lainnya," katanya. 

Dari dana tersebut, Pemerintah Kota Jambi mengalokasikan dana Rp6 miliar untuk membeli alat kesehatan, Rp4 miliar untuk pembangunan Labkesda tahap pertama. Selanjutnya, untuk pembangunan Labkesda tahap kedua dialokasikan dana sebesar Rp2 miliar.

BACA JUGA : Satu Pasien Covid-19 Asal Tebo Meninggal Dunia

Dengan pelaksanaan tes PCR covid-19 secara mandiri tersebut, diharapkan dapat mempercepat penanganan pasien covid-19 dan mempercepat upaya memutus mata rantai penularan. (IMC01)