Jambi Terkini

Penjelasan Pihak RSUD Raden Mattaher Soal Heboh Warga Jambi Terjangkit Virus Corona

Januari 26, 2020 09:44
Petugas tengah menangani pasien terkena Virus Corona yang diduga di RSUD Raden Mattaher Jambi. (ist)
Petugas tengah menangani pasien terkena Virus Corona yang diduga di RSUD Raden Mattaher Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi  - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi dikabarkan tengah merawat  pasein terjangkit virus Corona atau Wuhan Pneumonia. Pihak RSUD Raden Mattaher Jambi melalui Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan, dr Dewi Lestari saat dikonfrimasi  mengaku belum dapat memastikan kebenaran apakah pasien tersebut memang terjangkit virus Corona atau bukan.

Namun pihaknya mengakui tengah merawat pasien yang memiliki gejala yang serupa dengan penyakit virus Corona tersebut.  "Kalau kita dari RS hanya menyiapkan tempat untuk pasien, pasien kami beri pengobatan sesuai dengan apa yang sekarang dirasakan. Sesuai dengan apa kondisi pasien, misalnya nih demam, maka kita kasih obat demam," katanya.

Pihaknya sendiri masih memerlukan waktu untuk dapat memastikan apakah benar pasien tersebut terkena virus Corona.  "Pasien dalam kondisi stabil, dia sudah tidak demam. Jadi gini, virus itu ada masa inklubasinya, jadi masa inklubasi itu tidak langsung terjadi kegawatan yang menghawatirkan. Jadi dalam waktu 14 hari dia berinklubasi dalam tubuh, dan kalau sudah lewat 14 hari ternyata aman, ya sudah dinyatakan aman," jelasnya

dr Dewi mengungkapkan bahwa pasien pertama kali dirujuk dari RS Siloam ke RSUD Raden Mattaher. Gejala awal memang ada kemiripan dengan penyakit Virus Corona tersebut. "Jenis kelaminnya perempuan, kalau untuk nama. Itu kita ngak bisa kasih tau, karena itukan privasi. Demam tinggi lebih dari 38 derjat Celcius, flu, batuk, filek terus ada gangguan dipernapasan," ungkapnya. (IMC02)