Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Bolsel Membuat Warga Berhamburan

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Bolsel Membuat Warga Berhamburan

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Bolsel Membuat Warga Berhamburan
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Luwuk, Banggai - Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 SR, terasa hingga di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Pihak BMKG Gorontalo, disampaikan Wahyu Guru Imantoko, Senin, dini hari, mengatakan, tercatat gempa terjadi pukul 00:58:20 Wita, Lokasi 0.20 LS,123.89 BT (64 km BaratDaya Bolaang Uki, BolaangMongondow Selatan, Sulawesi Utara, di kedalaman 95 kilo meter.

"Jarak lokasi gempa yakni 64 kilometer dari Bolaang Uki ke arah barat daya. Menurut BMKG, dampak gempa yang paling terasa terjadi di Luwuk, Sulawesi Tengah, dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) IV-V," ujarnya.

Skala MMI IV dan V artinya getaran dirasakan oleh banyak orang atau hampir semua penduduk. Kemudian akibat gempa itu, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti.

Belasan pengunjung warung kopi Cafe Coffee Jie di Luwuk Shopping Mall, kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah serentak melompat dari tempat duduknya saat gempa bumi berkekuatan 6.6 pada Skala Richter menggoncang wilayah itu.

Bangunan yang berada di kawasan itu bergetar hampir satu menit pada Senin dini hari sekira pukul 01.58 Wita.Meski berjarak 145,37 kilometer dari pusat gempa,  goncangan keras terasa di kota Luwuk, Kabupaten Banggai sehingga menyebabkan warga  berhamburan keluar rumah.

Beberapa warga mengaku terkejut  dan langsung berlarian menuju badan jalan saat mereka merasakan getaran gempa yang cukup keras itu. ​​​​​​"Kami bangunkan semua keluarga dan keluar untuk menghindari bangunan," kata Ritna, salah satu warga yang sempat ditemui berada di luar rumah, Senin dini hari.

Ia mengaku masih trauma terhadap gempa. Oleh karena itu, setiap kali terjadi goncangan maka kakinya selalu gemetar. "Gemetaran saya. Takut kenapa-kenapa. Semoga saja tidak terjadi apa-apa," harapnya.

Meski gempa sangat kuat, Gempa yang terjadi tidak berpotensi Tsunami, meski begitu warga diminta waspada jika adanya gempa susulan. (IMC02/ant)
​​