Ditarget Beroperasi 2025, PLTA Batang Merangin Baru 5 Persen

Ditarget Beroperasi 2025, PLTA Batang Merangin Baru 5 Persen
Lokasi pembangunan PLTA. (ist)

IMCNews.ID, Kerinci - Progres pengerjaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Merangin di Kabupaten Kerinci baru sekitar 5 persen di tahap awal berupa sarana dan prasarana jalan dan terowongan. Mega proyek yang dikerjakan PT Bukaka Teknik Utama Tbk melalui anak usaha, PT Kerinci Merangin Hydro itu ditargetkan sudah beroperasi tahun 2025.

‘’Saat ini proyek tersebut terus dikerjakan. Saat ini, pekerjaan pembangunan masih tahap awal. Diantaranya mempersiapkan sarana dan prasarana jalan, terowongan dan lainnya,’’ kata Humas PLTA Batang Merangin-Kerinci, Ansori, Selasa (27/4/2021) lalu.

Menurut Ansori, pembuatan terowongan sudah dikerjakan sekitar 6 kilometer. Namun masih akan dibuat lagi sekitar 5-6 kilometer.

"Jadi secara keseluruhan progresnya baru sekitar 5 persen yang telah selesai," sebutnya.

Sementara bangunan utama, menurut Ansori belum dilakukan. Namun dia memastikan, pada tahun 2025 semua pekerjaan telah selesai dan PLTA sudah bisa beroperasi mengaliri listrik.  

"Kita tergetkan pada tahun 2025 mendatang sudah beroperasi. Masih ada waktu empat tahun lagi untuk menyelesaikan sarana dan prasarananya,"pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan PLTA Batang Merangin berkapasitas 350 mega watt (MW) sempat terbengkalai lebih 15 tahun. Sebab, sebelumnya pihak kontraktor hanya merancang kapasitas PLTA sekitar 150 MW.

Namun setelah pihak PT PLN melakukan survei, ternyata PLTA Batang Merangin bisa menghasilkan daya listrik 350 MW.

Pembangunan PLTA Batang Merangin yang berada di Dusun Bedeng Lima, Desa Batang Merangin itu dilanjutkan lagi 2019 lalu, sebagai salah satu upaya mengatasi krisis listrik di Provinsi Jambi dan beberapa wilayah di Sumatera. (IMC01)