Dishub Provinsi Jambi Akui Sulit Tertibkan Angkutan Liar

Dishub Provinsi Jambi Akui Sulit Tertibkan Angkutan Liar
Kadishub Provinsi Varial Adhi. (Mario/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi mengakui kesulitan dalam menertibkan keberadaan travel liar atau travel ilegal di Jambi.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Dishub Provinsi Jambi, Varial Adhi belum lama ini. Dia mengaku pihaknya telah beberapa kali melakukan penertiban kepada travel-travel liar tersebut.

''Ini travel yang liar ini memang sulit ya kita untuk menertibkan itu. Artinya, pada saat kita lakukan penertiban, pada saat itu pula mereka tidak beropasional, hilang. Tapi begitu selesai dia balik lagi, jadi sulit," ungkap Varial.

Dia beralasan, karena terbatasnya jumlah personil, membuat Dishub sangat sulit untuk melakukan aksi-aksi penertiban kepada travel liar tersebut.

"Sulit karena keterbatasan personil kita untuk menertibkan ini, kita akui kita keterbatasan personil. Dengan jumlah personil yang sedikit di Dishub Provinsi ini memang untuk melakukan hal-hal seperti itu sulit," katanya.

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa pihaknya sudah pernah melakukan kordinasi dengan Polda Jambi untuk menertibkan angkutan tersebut.

"Sudah, kita pernah berkordinasi dengan Polda untuk angkutan liar itu. Sangsinya yang bersifat umum seperti tilang, karena mereka tidak punya izin. Mau dicabut izinnya apa yang mau dicabut, izin aja ngak punya," cetusnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan angkutan yang memiliki sertifikasi.

"Gunakan bus ataupun angkutan yang memiliki sertifikasi dan berangkatlah dari terminal-terminal yang telah disiapkan oleh pemerintah sehingga keselamatan semua dapat terjamin," pungkasnya. (IMC01) 

Reporter : Mario Dwi Kurnia