Bawaslu Ajak Partai Tanda Tangan Komitmen Tolak Mahar Politik

Bawaslu Ajak Partai Tanda Tangan Komitmen Tolak Mahar Politik

Bawaslu Ajak Partai Tanda Tangan Komitmen Tolak Mahar Politik
Proses penanda tanganan komitmen bersama Bawaslu dan Partai Politik untuk menolak politik uang. (Rano/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Bawaslu Provinsi Jambi, menyoroti mekanisme penjaringan bakal calon kepala daerah yang memungut uang formulir dari Partai Politik kepada bakal calon yang mengikuti penjaringan.

Ini disampaikan Bawaslu Provinsi Jambi, pada Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dalam Rangka Tahapan Pencalonan Pilkada Serentak tahun 2020, Kamis siang (31/10/2019).

Ketua Bawaslu Jambi, Asnawi menyebutkan, bahwa pihak Bawaslu Provinsi Jambi sudah mengamati hal ini, ini juga bisa disebut mahar Politik dari Parpol yang mebuka penjaringan.

"Ini yang saya tanyakan uang formulir itu, apakah memang ada aturan didalam partai. Nanti kita cek,"ucap Asnawi.

Semenatara, Fahrul Rozi menyebutkan, bahwa Bawaslu Provinsi Jambi, saat ini terus melakukan pengawasan terhadap tahapan pencalonan pada Pilkada Serentak 2020 ini..

"Pada tahapan pencalonan ini rawan sekali pada Mahar Politik, dan hal ini akan kami terus kami identifikasi,"singkat Fahrul Rozi.

Untuk itu, Bawaslu juga mengajak bahkan telah menyiapkan berkas komitmen untuk ditanda tangani bersama dengan partai politik Provinsi Jambi. 

"Ini bentuk Keseriusan dan kesepakatan kita untuk menolah salah satunya Mahar politik. Tentu terimakasih kami ucapkan atas ketersediaan dan komitmen partai politik yang hadir hari ini," ujar Fachrul Rozi. (IMC02)