Nasional

Bandara Jambi Alami Peningkatan Aktifitas Penerbangan

Juli 31, 2020 10:58
Bandara Sultan Thaha Jambi. (ist)
Bandara Sultan Thaha Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Selama satu bulan terakhir jumlah penumpang dan aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi terus meningkat, termasuk menjelang Idul Adha.

“Selama Juli 2020 ini ada peningkatan pertumbuhan pergerakan aktifitas di bandara, baik itu maskapai penerbangan maupun penumpang,” kata Eksekutif General Managaer (EGM) Bandara Sultan Thaha Jambi Indra Gunawan di Jambi, Kamis.

Saat ini aktifitas penerbangan dalam satu hari rata-rata ada 14 kali penerbangan. Yakni tujuh kali kedatangan dan tujuh kali keberangkatan. Jumlah tersebut cukup tinggi bila di bandingkan dalam masa pandemi COVID-19. Dimana selama pandemi COVID-19 untuk dua kali penerbangan saja dalam satu hari cukup sulit.

Begitu juga dengan pergerakan penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi. Sejak awal Juli terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

BACA JUGA : Bandara Bali Sambut Penerbangan Pertama Wisatawan di Tengah Pandemi Covid-19

“Pekan kedua Juli pergerakan penumpang ada yang mencapai seribu penumpang dalam satu hari, baik itu penumpang yang datang maupun yang berangkat,” kata Indra Gunawan.

Peningkatan pergerakan penumpang tersebut cukup tinggi karena selama masa pandemi untuk mencari seratus orang penumpang dalam satu hari cukup sulit.

Sementara itu, saat ini penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi masih di dominasi oleh penerbangan tujuan Bandara Sukarno Hatta, Jakarta dan sebaliknya. Dan untuk tujuan daerah lain saat ini masih belum di buka oleh maskapai penerbangan dikarenakan jumlah penumpang yang masih minim.

“Namun beberapa maskapai ada yang sudah membuka penerbangan tujuan yang lain seperti maskapai Wings Air yang sempat membuka penerbangan Palembang-Jambi,” kata Indra Gunawan.

Dan pada Agustus mendatang juga akan di buka penerbangan tujuan Padang, Sumatera Barat, Tanjung Karang dan Pekanbaru.

Tidak hanya penerbangan tujuan luar Provinsi Yang belum di buka. Penerbangan tujuan dalam Provinsi Jambi seperti Kota Jambi-Kerinci dan Kota Jambi Muaro Bungo hingga saat ini juga masih belum dibuka.

“Mudah-mudah kondisi semakin membaik, sehingga rute penerbangan yang pernah ada di Bandara Sultan Thaha seluruhnya dapat di buka kembali,” kata Indra Gunawan.

Indra Gunawan berharap kepercayaan masyarakat untuk menggunakan mode transportasi udara dapat kembali sepenuhnya. Dimana pihak Bandara saat ini telah melakukan dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, baik itu aturan berskala nasional maupun internasional. (IMC02/ant)