Anggota BPD Terpilih di Bahar Mengeluh, Diminta Sumbangan Rp500 Ribu Untuk Pelantikan

Anggota BPD Terpilih di Bahar Mengeluh, Diminta Sumbangan Rp500 Ribu Untuk Pelantikan
Surat berita acara keberatan anggota BPD membayar iuran untuk pelantikan. (ist)

IMCNews.ID, Muaro Jambi - Sejumlah Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Terpilih di Kecamatan Bahar Selatan, Bahar Utara dan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi mengeluh.

Mereka menyampaikan protes karena diminta untuk sumbangan Rp500 ribu untuk acara pelantikan mereka pada 28 September mendatang.

"Nominal itu sangat besar mengingat semua biaya baik saat pemilihan sampai pelantikan BPD ditanggung oleh Pemerintah. Jangan sampai iuran itu malah disalahgunakan jadi kami menolak iuran tersebut," ujar salah seorang anggota BPD terpilih yang enggan disebut namanya.

Camat Kecamatan Bahar Selatan, Tusyem membenarkan informasi tersebut. Dia mengaku sudah mendengar informasi soal anggota BPD terpilih itu diminta iuran untuk membiayai pelantikan mereka.

BACA JUGA : Penumpang Pesawat Mengaku Dilecehkan Oknum Dokter Saat Rapid Test di Soetta

"Saya telah meminta agar hal tersebut (iuran, red) dibatalkan dan acara dibuat sesederhana mungkin saja tanpa membebankan biaya kepada anggota BPD," katanya.

Sementara Camat Bahar Utara, Arif, juga mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Dia mengaku tahu dari media sosial.

"Saat saya dengar wacana tersebut, saya langsung minta Kades untuk membatalkan iuran dari BPD tersebut, jangan sampai membebankan biaya pelantikan kepada mereka," tegasnya.

Lebih lanjut Arif juga mengatakan bahwa pelantikan BPD akan digelar secara gabungan untuk 3 Kecamatan pada 28 September nanti di Sungai Bahar.

"Pelantikan akan dilaksanakan pada 28 September nanti, akan digabung 3 kecamatan Bahar Grup, yang jelas tidak akan membebani anggota BPD yang akan dilantik. camat Sungai Bahar, Pak Hartono juga telah membuat intruksi lewat WA agar Kepala Desa tidak melakukan pungutan apapun kepada Anggota BPD," tandasnya. (IMC01)