Abrasi Sungai Ancam Belasan Rumah di Pulau Pandan

Abrasi Sungai Ancam Belasan Rumah di Pulau Pandan
Kondisi tebing sungai yang mengancam pemukiman warga. (ist)

IMCNews.ID, Sarolangun – Longsor akibat abrasi sungai mengancam belasan rumah warga yang berada di kawasan pinggir sungai, tepatnya di Rt 04, Dusun Lang Menari, Desa Pulau Pandan, Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun.

Tebing sungai terus mengalami abrasi akibat hantaman arus sungai Batang Limun. Salah seorang warga setempat, Zulkarnain mengatakan, abrasi terus terjadi sehingga menghantui pemilik rumah di lokasi itu.

Bahkan, kata dia, ada beberapa rumah warga yang jaraknya hanya tiga meter saja dari bibir sungai. Jika tak cepat diantisipasi, bisa jadi beberapa rumah di lokasi akan ambruk

"Kami sangat khawatir ini akan menyebabkan rumah warga setempat akan runtuh, dan masuk ke dalam sungai," ujarnya.

Masyarakat mengharapkan, Pemerintah setempat untuk cepat tanggap menyikapi kondisi yang dirasakan warga serta mencari solusi terbaik.

"Sayo selaku warga yang terancam rumah sayo longsor ke sungai berharap pemerintah khusus dinas PUPR kabupaten Sarolangun ataupun PUPR Provinsi Jambi untuk segera menangapi dan membangun bronjong penahan tebing," harapnya.

Bukan hanya rumah warga saja yang terancam runtuh akibat longsor. Bangunan pos dua air otomatis (AWLR) yang dibangun pada tahun 2017 oleh Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatra VI juga terancam. Bahkan dinding bangunan tersebut sudah sama rata dengan bibir sungai. (IMC01)