Untung dan Rugi Romi-Robby Tinggalkan PAN, Pilih Perseorangan di Tanjab Timur

Untung dan Rugi Romi-Robby Tinggalkan PAN, Pilih Perseorangan di Tanjab Timur
Bakal Calon Wakil Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto dan Robby Nahliansyah saat menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan ke KPU Tanjab Timur. (IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Muara Sabak - Keputusan Romi Hariyanto dan Robby Nahliansyah maju Pilgub Tanjabtim melalui jalur perseorangan mengejutkan banyak pihak. Di Provinsi Jambi sendiri, baru Romi Hariyanto yang serius maju melalui jalan tidak populer ini. Maju tidak menggunakan perahu partai dinggap lebih banyak ruginya dari pada untung.

Pengamat Politik Jambi Bahren mengatakan, kerugian maju jalur independen adalah tidak adanya mesin politik yang bisa digerakkan.

BACA JUGA : KPU Tanjab Timur Verifikasi Dukungan KTP Romi dan Robby

"Maju jalur perseorangan ruginya tidak ada mesin politik. Artinya dia harus benar-benar berjuang sendiri dengan membentuk mesin politik sendiri. Tapi menurut pandangan saya, jika Romi sudah berani untuk maju jalur perseorangan berarti dia sudah memperhitungkan semuanya," ujar Bahren.

Selain itu, yang juga menjadi potensi kerugian maju jalur independen adalah soal program yang harus di sahkan oleh DPRD. Hal ini dikhawatirkan akan menghambat program pemerintah jika nantinya Romi kembali menang.

BACA JUGA : Komentar Romi Soal Isu Mahar untuk Dapat Dukungan PAN

"Memang yang menjadi kekurangan atau kelemahan jalur perseorangan adalah tidak adanya power di DPRD. Namun sekali lagi, Romi pasti sudah memperhitungkan hal tersebut. Dan juga dengan maju jalur independen backing dia adalah rakyat itu sendiri," ucap Bahren.

Namun, lanjut Bahren, keuntungan yang didapat dari maju independen juga banyak. Salah satunya adalah Romi akan terlepas dari tekanan partai dalam membuat program yang akan berpihak kepada rakyat.

"Setidaknya dia terbebas dari isu isus mahar kepada partai politik," tutup Bahren. (IMC02)