Tunggakan Sewa Aset dan Pengelolaan Dana BOS Jadi Temuan BPK

Tunggakan Sewa Aset dan Pengelolaan Dana BOS Jadi Temuan BPK
Sekda M Dianto. (dok/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Tunggakan sewa aset daerah Provinsi Jambi  kepada pihak ketiga masih menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jambi. Selain itu, pengelolaan dana Biaya Operasional sekolah juga menjadi temuan. 

"Jadi memang kemarin, tiga hari yang lalu kami pemerintah Provinsi Jambi juga baru mendapatkan laporan dari tim BPK RI yang masuk keberapa OPD kita, dari temuan mereka itu nanti kita akan tindak lanjuti melalui inspektorat," ujar Sekda Provinsi, M Dianto, Sabtu (1/12/2018). 

Dia melanjutkan, nantinya Inspektorat melalui timnya akan memanggil OPD yang terdapat temuan BPK.

"Menurut aturan dan sesuai ketentuan temuan itu harus kita tindak lanjuti tidak lebih dari 60 hari, jadi kita masih diberi batas waktu sampai 60 hari untuk memperbaiki temuan-temuan yang menjadi temuan BPK. Itu semua sudah kita serahkan ke Inspektorat, mudah-mudahan apa yang menjadi temuan yang kemarin kita sampaikan itu, ke depan selama 60 hari ini Inspektorat dengan OPD yang dituju oleh BPK itu bisa memperbaiki hasil temuannya," jelasnya.

Menurutnya, pengolahan dana BOS bisa menjadi temuan karena tidak melalui pemerintah Provinsi sehingga sulit diawasi.

"Dana BOS itu kemarin menjadi temuan karna yang mengelola dana BOS itu kan pemerintah dari Kabupaten/Kota jadi tidak melalui pemerintah Provinsi  sehingga kita agak kesulitan," katanya.

Sekda menegaskan nantinya pemerintah Provinsi Jambi akan memperketat pengawasan agar tidak lagi menjadi temuan dari BPK

"Kita akan perketat lagi supaya temuan ditahun yang lalu tidak akan lagi terulang," tutupnya. (IMC01) 

Kontributor : Mario Dwi Kurnia