Politik

Tetapkan 55 Caleg Terpilih, KPU Sebut Masih Ada yang Belum Melaporkan Harta Kekayaan

Aug 13, 2019 10:04
KPU Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penetapan Calon Legislatif Provinsi Jambi terpilih, di Swiss-Belhotel pada Senin Malam (12/8/2019). (IMCNews.ID/Rano)
KPU Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penetapan Calon Legislatif Provinsi Jambi terpilih, di Swiss-Belhotel pada Senin Malam (12/8/2019). (IMCNews.ID/Rano)

IMCNews.ID, Jambi - KPU Provinsi Jambi menetapkan 55 orang calon terpilih Pileg 2019 di Swissbell Hotel pada Senin (12/8/2019) malam. Namun, meski telah dilakukan penetapan, ternyata ada satu Caleg terpilih belum melakukan pelaporan harta kekayaan. 

Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan mengatakan, karena masih ada yang belum melakukan pelaporan LHKPN, pihaknya belum bisa melakukan pengusulan ke Pemprov. Pihaknya akan kembali memeriksa berkas-berkas para Caleg terpilih sebelum diusulkan. 

"Semuanya alhamdulillah sudah selesai penetapan dan kami adalah yang terakhir melaksanakan penetapan ini. Namun kami akan periksa ulang dulu semua berkas sebelum diusulkan ke Pemprov karena ada satu belum lengkap," sebutnya.

Masih dikatakan M. Subhan, proses penetapan sendiri merupakan tahapan terakhir dari seluruh rangkaian tahapan yang dimulai pada 2017 lalu. Rangkaian yang dimulai dari penyerahan daftar pemilih potensial hingga saat ini proses penetapan.

"Memang banyak masalah lain, tapi semuanya bisa berjalan baik dan diselesaikan," katanya.

Terpisah, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi, mengatakan, dalam proses penetapan ini, pihaknya hanya mengingat kepada partai politik untuk segera menyerahkan syarat-syarat yang diminta untuk proses pengusulan. 

"Kami ingatkan untuk segera dilaporkan, karena masih ada waktu juga bagi caleg yang belum melaporkan," katanya.

Penetapan Caleg terpilih oleh KPU Provinsi Jambi sendiri berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan dan perubahan. Hal ini dikarenakan gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) sendiri ditolak oleh hakim. (IMC02)