Tanjab Barat Masuk Empat Besar Daerah Endemik DBD

Tanjab Barat Masuk Empat Besar Daerah Endemik DBD
Fogging atau pengasapan yang dilakukan di pemukiman warga. (Hengky/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Kualatungkal - Tanjung Jabung Barat masuk empat besar sebagai daerah endemik Demam Berdarah Dengue (DBD)

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat Andi Pada melalui Kasi P2L Ema menyebutkan masuknya Tanjab Barat sebagai satu dari empat wilayah endemik DBD di Provinsi Jambi, lantaran selalu ditemukannya kasus DBD.

"Hampir tiap tahun tercatat ada penderita DBD-nya. Apalagi di Kecamatan Tungkal Ilir. Makanya, kita masuk dalam salah satu Kabupaten rawan endemis," kata Ema, Selasa (4/12/2018).

Menurut Ema, selama ini pihaknya telah gencar melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk terus menerapkan pola pemberantasan sarang nyamuk (PSN). 

Karena, selain dengan fogging di beberapa titik wilayah yang terkena endemik, juga dilakukan penaburan bubuk abate di tempat tempat penampungan air. PSN dianggap paling jitu untuk menekan kasus DBD.

"Mengubur, menguras dan menutup tempat penampungan air hujan merupakan cara ampuh untuk menghalau berkembang biaknya nyamuk DBD. Makanya, bersih-bersih lingkungan rumah itu penting," ujarnya. 

Selain itu, untuk pencegahan, kata Ema pihak Dinkes juga telah menyarankan masyarakat untuk menggunakan kelambu saat tidur atau menggunakan lotion anti nyamuk saat siang hari. 

"Meski sosialisasi telah gencar kita lakukan, namun  semua itu tergantung pada kesadaran masyarakat kita.‎ Untuk anak sekolah, kita sarankan pakai lotion anti nyamuk," kata Ema. (IMC01) 

Reporter : Hengky