Syafril Nursal Bakal Tak Maju di Pilwako Jambi, Zayadi dan Farti Siap Tempur

Syafril Nursal Bakal Tak Maju di Pilwako Jambi, Zayadi dan Farti Siap Tempur
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Sejumlah nama bermunculan dalam bursa calon Walikota Jambi yang sudah mulai hangat diperbincangkan. Namun dari sejumlah nama yang muncul, Sjafril Nursal memastikan dirinya tak akan ikut ambil bagian. 

Kepastian ini disampaikan orang dekatnya yang juga menyampaikan keberatan namanya dimasukkan dalam bursa calon Walikota Jambi. Dia merasa Syafril tidak pernah menyatakan akan maju di Pilwako Jambi. 

"Kita keberatan nama pak Syafril diberitakan masuk dalam bursa cawako. Bukan apa apa, kita tidak mau ini nanti disalahgunakan dan jadi proganda pihak tertentu. Apalagi pak Syafril sendiri tidak pernah menyampaikan itu,’’ kata orang dekat yang minta namanya tak ditulis.

Dia mengatakan, Syafril belum memutuskan apa langkah dan rencana politiknya ke depan setelah Pilgub Jambi. Yang pasti, lanjut dia, Pilwako Jambi tidak masuk dalam agenda sang jenderal. 

BACA JUGA : Mulai Hangat, Sejumlah Nama Muncul Sebagai Calon Walikota Jambi

‘’Bapak sekarang di Jakarta. Kita belum tahu apa langkah beliau ke depan. Apakah maju lagi di Pilkada 2024, kita belum tahu,’’ pungkasnya. 

Sementara itu, mantan Kadis PUPR Kota Jambi, Farti Suandri menyatakan kesiapannya maju di Pilwako mendatang. Bahkan Farti mengaku sudah mulai turun melakukan sosialisasi ke lapangan. 

‘’Kalau Abang lah turun, itu artinya abang sudah pasti maju,’’ katanya. 

Kata dia, dalam beberapa bulan terakhir dia sudah mulai bersosialisasi untuk mengenalkan diri dan menyerap aspirasi masyarakat. Farti menyadari memperkenalkan diri kepada masyarakat butuh waktu cukup lama. Makanya, sejak jauh hari dia berinisiatif turun ke lapangan. 

‘’Kito pelan-pelan bae. Memperkenalkan diri kan butuh waktu supayo masyarakat mengenal kito lebih dekat,’’ ujarnya.

Bahkan, Farti mengaku sudah memuntuskan dan memantapkan diri maju lewat jalur independen (perseorangan).  Itulah salah satu alasannya melakukan sosialisisi lebih awal. ‘’Yang jelas kito siap tempur. Sayo maju nanti lewat jalur independen,’’ tegasnya.

Selain Farti, politisi PKS, Zayadi juga mengaku sudah diberi kepercayaan oleh partainya melakukan sosialisasi untuk menghadapi Pilwako Jambi 2023 mendatang. Menurut Zayadi, dia juga mendapat dorongan sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan kaum milenial.

"Masuknya nama saya (dalam bursa cawako) tidak terlepas dari dorongan beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda, emak-emak dan adik-adik milenial," kata politisi yang sudah tiga periode berhasil duduk di DPRD Kota Jambi ini.

"Dorongan tersebut semakin menguat saat pengurus DPD PKS Kota Jambi mendukung saya. Saat Musda lalu, DPD memberikan kepercayaan kepada saya untuk mensosialisasikan diri," tegasnya.

"Kita harus kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kota Jambi yang lebih Maju dan berkah," tambahnya. 

Sementara itu, Sum Indra, Rocky Candra dan sejumlah nama lain yang digadang-gadang maju di Pilwako belum berhasil dimintai tanggapan. Sum dan Rocky beberapa kali dihubungi belum ada respon. Begi juga dengan H Rahman Dila.

Seperti diberitakan, setelah Pemilihan Gubernur, isu perpoilitikan di Jambi mulai mengarah ke Pemilihan Walikota Jambi. Sejumlah nama kandidat bakal calon Walikota sudah mulai bermunculan.  

Bahkan beberapa diantaranya sudah getol mempromosikan diri melalui spanduk  maupun di media media sosial (Medsos). Sejumlah nama yang akhir-akhir ini ian santer disebut-sebut bakal maju di perebutan BH 1 AZ diantaranya Wakil walikota Jambi Maulana, anggota DPRD Kota Jambi dari PKS Zayadi, anggota DPRD Provinsi Jambi dari Gerindra Rocky Candra. 

Selanjutnya juga ada nama mantan wakil walikota Jambi yang kini duduk di DPD RI, Sum Indra. Kemudian, ada juga nama mantan Kadis PUPR Kota Jambi Farti Suandri, dan H Abdulrahman atau Rahman Dila yang berlatar belakang pengusaha. 

Selain itu, dari kalangan akademisi yang dinilai pantas memimpin Kota Jambi, yaitu Dr As’ad Isma yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor II UIN STS Jambi. (IMC01)