Politik

Sudah 30 Berkas Pengajuan Gugatan Pemilu Diterima MK

May 23, 2019
Salah satu pengurus partai politik tengah memasukan berkas pengajuan gugatan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). (ist)
Salah satu pengurus partai politik tengah memasukan berkas pengajuan gugatan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). (ist)

IMCNews.ID, Jakarta - Hingga Kamis (23/5/2019) malam, Mahkamah Konstitusi telah menerima 30 pengajuan gugatan pemilu. Pengajuan gugatan sendiri memang semakin banyak masuk diakhir penerimaan gugatan oleh MK.

"Kita saat ini masih fokus menerima berkas pengajuan gugatan. Sejauh ini sudah 30 gugatan yang masuk, 25 gugatan oleh Partai Politik lima orang perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD)," ujar Fajar Laksono juru bicara MK. 

Masih dikatakan Fajar Laksono, semua pengajuan gugatan yang masuk belum tentu semuanya akan masuk ke tahap selanjutnya. Karena setelah pihaknya menerima semua berkas pengajuan akan dilakukan pemeriksaan administrasi dan telaah.

"Kita belum masuk ke subtansi ya, kita masih fokus menerima pengajuan yang masuk dulu. Nanti setelah semua diterima baru kita telaah, kita kaji," ujar Fajar. 

Pengajuan gugatan sendiri datang dari berbagai daerah. MK sendiri memberi batas pengajuan gugatan untuk Pileg hingga Jum'at (24/5/2019) pukul 01.45 WIB dini hari. Sementara untuk Pilpres akhir pengajuan gugatan Jum'at (24/5/2019) hingga pukul 24.00 WIB. (IMC02/ant)