Segini Anggaran 2019 yang Disiapkan Pemprov Jambi Untuk Bangun Jalan Tani

Segini Anggaran 2019 yang Disiapkan Pemprov Jambi Untuk Bangun Jalan Tani
Kadis Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perkebunan (Disbun) menyiapkan dana Rp4,5 miliar untuk pembangunan jalan usaha tani pada 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi pada 2019.

"Program itu telah disetujui pada APBD 2019 dan anggaran itu setelah diajukan dan diusulan kelompok tani melalui dinas perkebunan," kata Kepala Disbun Provinsi Jambi, Agus Rizal di Jambi, Kamis.

Pada pengajuannya di 2018, dianggarkan senilai Rp1,08 miliar untuk kabupaten Sarolangun, Merangin dan Tanjungjabung Barat. Namun program tidak terealisasi karena waktu pengerjaan yang tidak memungkinkan sehingga program dibatalkan.

"Sebab itu pada 2019 akan ada 10 kabupaten/kota kecuali Kota Jambi yang akan mendapatkan program pembangunan tersebut," tambahnya.

Pembangunan itu akan dilakukan dengan syarat jalan akses menuju ke perkebunan dan bukan tanaman pangan karena kalau itu jalan usaha tanaman pangan itu posnya bukan Dinas Perkebunan," ujarnya.

Untuk peruntukan dari anggaran pembangunan itu sendiri, pihak Disbun Jambi belum bisa merincikan. Sementara untuk teknis sendiri Agus Rizal menyebut tetap akan mengikuti aturan dari Dinas PUPR provinsi.

"Jika ada temuan terbaru terkait penyempurnaan program dari Balitbangda, juga nanti akan kita lihat untuk diterapkan," kata Agus Rizal. (IMC01)