Ribuan Kasus HIV/AIDS Ditemukan di Provinsi Jambi Sejak 1999

Ribuan Kasus HIV/AIDS Ditemukan di Provinsi Jambi Sejak 1999
Kabid Pencegahan Penyakit Dinkes Provinsi, Eva Susanti. (Mario/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mercatat sejak tahun 1999 hingga September 2018, angka penderita HIV/AIDS di Provinsi Jambi mencapai ribuan jiwa. 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Eva Susanti saat ditemui IMCNews.ID, Senin (3/12/2018).

"Dari tahun 1999 hingga 2018 tercatat, untuk HIV sebanyak 1.075 sedangkan AIDS 787," ujarnya.

Dia mengatakan, agar masyarakat menghindari pergaulan bebas. Pasalnya, penyebab utama penularan virus HIV adalah dikarenakan heterosex.

"Dari hasil penelitian kita saat ini, yang terkena tertinggi itu dari heterosex, jadi anak-anak, kita upayakan pendidikan agamanya harus baik dan orang tuanya juga harus mulai menanamkan norma-norma agama supaya anaknya jangan terkena," katanya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat yang terkena HIV/AIDS juga harus memiliki kesadaran dan jangan menularkan kepada orang lain.

"Untuk yang terkena juga harus punya kesadaran, kan yang terkena juga harus diberikan kesempatan dan harus sadar jangan sampai dia menularkan kepada orang lain," jelasnya. (IMC01)

Kontributor : Mario Dwi Kurnia