Putra Mahkota Arab Saudi Sebut 11 Orang Diamankan Terkait Kasus Khashoggi

Putra Mahkota Arab Saudi Sebut 11 Orang Diamankan Terkait Kasus Khashoggi
Jamal Khashoggi. (ist)

IMCNews.ID, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima penjelasan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman terkait kematian jurnalis Jamal Khashoggi di sela-sela pertemuan bilateral keduanya di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018).

"Putra Mahkota menjelaskan bahwa saat ini proses hukum terus berjalan, dan sekitar 11 orang sudah ditangkap terkait kasus tersebut," demikian keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (1/12/2018). 

Muhammad Bin Salman menjadi sorotan akibat diduga terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap wartawan Arab Saudi Khashoggi di Turki.

Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang bekerja untuk The Washington Post, dibunuh tak lama setelah ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober.

Berdasarkan Human Rights Watch, Argentina menerjunkan jaksa federal untuk menyelidiki kasus pembunuhan Khashoggi selama Putra Mahkota berada di Argentina untuk menghadiri KTT G20.

Selain membicarakan mengenai perkembangan kasus tersebut, Putra Mahkota Salman juga membahas terkait kerja sama ekonomi dengan Wapres JK, khususnya terkait proyek pembangunan kilang minyak di Cilacap.

Dalam proyek tersebut, Putra Mahkota meminta Indonesia segera menindaklanjuti pembangunan kilang minyak itu. Arab Saudi menanam modal senilai 6 miliar dolar AS atau setara dengan Rp86 triliun. (IMC01)