Daerah

Puluhan Hektar Lahan Petani Terendam, Dewan Tuding Akibat Ulah Perusahaan

Nov 26, 2018
Alamsyah. (Hengky/IMCNews.ID)
Alamsyah. (Hengky/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Tingginya curah hujan sejak beberapa pekan terakhir mengakibatkan puluhan hektar lahan pertanian di wilayah Kecamatan Betara, Tanjung Jabung Barat terendam. Imbasnya, sejumlah kebun kopi, sawit dan pinang terancam gagal panen. 

 

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Tanjab Barat, Alamsyah menuding rusaknya kebun warga bukan hanya karena tingginya curah hujan. Namun lebih banyak disebabkan oleh pengerukan kanal oleh perusahaan yang berada di sekitar lokasi banjir menerjang. 

 

"Dampak pengerukan kanal oleh perusahaan kebun masyarakat, kopi, sawit, pinang terbenam," kata Alamsyah saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tanjab Barat, Senin (26/11/2018). 

 

"Kita gembira investor datang, tapi jangan memiskinkan rakyat. Banyak kebun masyarakat terendam. Kita minta pihak perusahaan bertanggung jawab," sambungnya. 

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHD) Tanjab Barat, Suparjo dikonfirmasi, mengatakan jika saat ini pihaknya terus memantau. Hanya saja, selanjutnya dia sebatas memberikan laporan ke DLHD Provinsi Jambi, karena wewenang sepenuhnya ada di tangan dinas BLHD Provinsi. 


"Tetap kita pantau, tapi wewenang kami yang di daerah ini sebatas turun memantau kondisi yang ada untuk dilaporkan ke provinsi. Banjir yang kena ke kebun warga ini bisa jadi juga karena adanya persoalan pada pintu air. Makanya nanti kita cek lagi turun ke lapangan," tandasnya. (IMC01) 

Reporter: Hengky