Petani Sawit di Tanjab Barat Mulai Beralih Tanam Pinang

Petani Sawit di Tanjab Barat Mulai Beralih Tanam Pinang
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Petani sawit di Tanjab Barat mulai beralih untuk menanam pinang. Ini merupakan dampak dari rendahnya harga jual sawit. 

Salah satu petani sawit di Tanjabbar, Narso menuturkan, dia menebang dua hektare tanaman sawit miliknya setelah melihat tanaman sawit kurang laku di pasaran.

Ibu tiga orang anak ini mengaku alasannya menebang dua hektare lahan sawitnya dan mengganti dengan pinang karena melihat harga tanaman pinang lebih punya prospek bagi keberlangsungan ekonomi keluarganya.

"Ya ditebang, lahan sawit yang sudah kosong ditanami lagi dengan bibit pinang. Harga pinang lebih bagus ketimbang sawit," ungkap warga desa Lumahan, Tanjab Barat, Jumat (4/1/2019).

Tak jauh berbeda, Tiar warga Tungkal Ilir mengaku melakukan hal yang sama. Dia beralasan keuntungan yang didapat tak sebanding dengan biaya panen.

Sementara harga sawit tak kunjung membaik. Kondisi ini membuat dirinya pesimis sawit dihargai mahal lagi di pasaran. 

"Ya keliatannya lebih baik tanam pinang saja sekarang harganya lumayan bagus. Kalau sawit kan kita tahu sendiri permintaan di pasar lokal maupun internasional jauh berkurang. Nyaris gak ada harganya lagi," ujarnya. 

Seperti diketahui, harga jual TBS sawit kini berkisar pada harga Rp 500 per kg. Sementara pinang dihargai dengam harga Rp 11.000 per kg. (IMC01) 

Reporter : Hengky