Politik

Penetapan Caleg Terpilih Bakal Tertunda, Ini Penyebabnya

Jul 4, 2019 10:37
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi.
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi.

IMCNews.ID, Jambi - Hingga saat ini KPU Kabupaten/Kota yang tidak terdaftar ada gugatan di Mahkmah Konstitusi (MK) RI menunda penetapan calon anggota legislatif terpilih (caleg). Pasalnya, KPU RI Hingga saat ini belum mendapat Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK. 

Selagi belum mendapatkan BRPK, KPU belum mendapat kepastian apakah di wilayahnya aman dari gugatan peserta pemilu. Oleh sebab itu, sejumlah daerah di Jambi, meski tidak ada gugatan tetap tidak bisa sesegera mungkin melakukan penetapan. 

“Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih ditunda semua. Karena sampai saat ini KPU RI belum menerima surat secara resmi dari MK terkait pencatatan perkara dalam BRPK,” kata M Sanusi.

Sebelumnya, pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan Caleg terpilih itu sesuai dengan surat KPU RI No.867 tertanggal 24 Mei 2019, tentang penetapan calon terpilih tanpa PHPU paling lambat empat hari setelah terbitnya BRPK dari MK.

Sementara untuk di Jambi sendiri, gugatan sengketa pileg yang masuk di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Jambi sendiri ada tujuh gugatan. Gugatan tersebut ada di lima kabupaten/kota dan satu Provinsi Jambi. Dua gugatan yang masuk ada di Tanjab Timur.

"Kabupaten/Kota yang ada gugatan yakni Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi, Kerinci dan Sarolangun. Selebihnya tidak ada gugatan," kata Sanusi. (IMC02)