Pawai Obor, Tradisi Sambut Ramadan di Tanah Tumbuh

Pawai Obor, Tradisi Sambut Ramadan di Tanah Tumbuh
Suasana pawai obor di Tanah Tumbuh, Bungo. (ist)

IMCNews.ID, Muaro Bungo - Menyambut bulan suci Ramadan yang jatuh pada tanggal 13 April mendatang, masyarakat Tanah Tumbuh kabupaten Bungo menggelar tradisi pawai obor. Agenda ini merupakan suatu tradisi atau agenda tahunan di Tanah Tumbuh. .

Kegiatan Pawai Obor yang diikuti masyarakat Tanah Tumbuh terdiri dari anak Madrasah Takmiyah Nurul Hidayah, ibu pengajian dan yang lainnya. Arakan dimulai dari Kantor Camat Tanah Tumbuh berkeliling dusun Tanah Tumbuh hingga kembali finish di Kantor Camat.

Datuk Rio (Kades) dusun Tanah Tumbuh, Jahari mengatakan, pawai obor adalah bukti budaya kearifan lokal ini setiap kali menyambut datangnya Ramadan..

"Pawai obor dan arakan ini tradisi dusun kami, dan hampir setiap orang tua ikut mendampingi anaknya berjalan kaki keliling dusun Tanah Tumbuh," katanya. 

Jahari mengatakan selain pawai obor dan arakan, di Madrasah Takmiyah Nurul Hidayah dilaksanakan acara Imtihan. Acara ini tidak bisa ditinggalkan lantaran setiap orang tua membawa nasi menggelar makan bersama orang tua murid.

"Acara Imtihan ini tidak dilupakan orang tua murid, sekaligus mempertemukan dan menjalin tali silaturahmi untuk saling memberi maaf menjelang datangnya bulan suci Ramadan," tuturnya. (IMC01)