Pasukan Pengamanan Pemilu Lebih Banyak Dikerahkan ke Kerinci, Ini Alasannya

Pasukan Pengamanan Pemilu Lebih Banyak Dikerahkan ke Kerinci, Ini Alasannya
Deklarasi bersama menciptakan pemilu damai di lapangan eks arena MTQ. (dok/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Polda Jambi akan mengerahkan personil lebih banyak ke Kabupaten Kerinci pada pengamanan Pemilu 2019 mendatang karena alasan letak geografis daerah itu yang jauh.

Hal itu disampaikan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS saat memimpin Apel Gabungan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan MTQ Kota Jambi, Jumat (22/3/2019) kemarin. 

Sebanyak 6.408 personil Polri dan TNI di Jambi siap melakukan pengamanan Pemilu 2019, pada 17 April mendatang.

Pada kegiatan yang juga dihadiri Danrem 042 Gapu Kol Arh Elphis Rudi itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS membacakan sambutan dari Menko Polhukam, Wiranto dihadapan ratusan personil Polri, TNI dan pihak terkait lainnya yang dilibatkan pada apel kegiatan Pam Pemilu 2019 yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan pasukan yang ikut apel dilapangan tersebut.

Usai memimpin apel gelar pasukan Pengamanan Pemilu 2019, Kapolda Jambi mengatakan, pihaknya akan menurunkan personil lebih banyak di wilayah timur seperti Kabupaten Kerinci. Untuk wilayah itu Kerinci disiapkan dua SSK anggota Polri dibantu TNI sedangkan daerah lain hanya kita beri 1 SSK gabungan.

Menurut Kapolda pasukan lebih banyak di Kerinci tersebut dilakukan bukan karena Kabupaten Kerinci yang kerap terjadi konflik tetapi karena letak geografis daerah terebut yang jauh dari wilayah pusat pemerintahan Jambi.

Muhclis menegaskan pihaknya menurunkan 4.908 personil dari semua satuan yang dimiliki Polda Jambi dan ditambah lagi dengan 1.500 personil TNI sehingga dari kedua intitusi tersebut sudah mencapai 6.408 personil Polri dan TNI.

Saat disinggung terkait dengan sejumlah wilayah yang saat ini dilanda bajir seperti di Kabupaten Merangin dan sekitarnya. Kapolda menegaskan pihaknya susah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Basarnas untuk membantu dalam pendistribusi surat suara.

Sementara itu tingkat kerawanan terjadinya konflik atau gesekan pada pelaksanaan dan pasca Pemilu nanti di Provinsi Jambi, Kapolda Jam,bi, Muchlis AS menegaskan bahwa Provinsi Jambi aman oleh sebab itu Jambi hanya memiliki satu dapil untuk pusat.

Sementara itu, Danrem 042 Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi mengatakan pihaknya sudah siap untuk membantu Polri dalam mengamankan Pemilu serentak 2019 mendatang. dan TNI sudah gelar latihan dan siap membantu sewaktu waktu di butuhkan Polri.

Elphis menegaskan pihaknya juga menurunkan pesrsonil sebanyak 1.500 anggota TNI untuk bisa lebih untuk membackup Polda Jambi dalam mengamankan Pemilu 17 April 2019 dan tentara siap personil dan siap sewaktu waktu dibutuhkan.

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Muchlis juga meminta agar masyarakat tidak terpecah belah karena beda pilihan politik pada Pemilu nanti.

"Pemilu 2019 ini mari kita sambut dengan gembira, dan sama-sama kita sukseskan karena boleh beda pilihan politik, tetapi persaudaraan tetap harus dijaga dan jangan sampai kita terpecah belah persatuan harus," kata Muchlis AS.

Kapolda Muchlis juga mengingatkan agar masyarakat mewaspadai penyebaran hoaks dan ujaran kebencian lewat media sosial, yang dapat memecah belah persatuan dan jJangan mau tau mudah terprovokasi. Masyarakat harus dewasa dalam menggunakan media sosial. (IMC01)