Paling Lama Februari Batas Akhir Pengajuan PAW Anggota DPRD Provinsi Berstatus Tersangka

Paling Lama Februari Batas Akhir Pengajuan PAW Anggota DPRD Provinsi Berstatus Tersangka
M Sanusi. (IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Sebanyak 12 orang unsur pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun sampai saat ini, belum ada partai politik yang mengajukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap 12 tersangka tersebut. 

Padahal, pengajuan PAW paling lambat dapat dilakukan pada enam bulan sebelum masa bakti anggota DPRD Provinsi berakhir yakni September 2019 mendatang. 

Artinya, pengajuan paling lambat bisa dilakukan Februari mendatang. Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi mengatakan dalam aturannya jika partai politik ingin melakukan PAW lalu mengajukan pada KPU, harus dilakukan enam bulan sebelum masa bakti berakhir. 

"Sampai saat ini belum ada partai yang mengajukan PAW," ujar Sanusi. 

Dia mengatakan pengajuan PAW bukan hak KPU, melainkan dari partai politik. KPU hanya memberikan nama pengganti sesuai dengan daerah pemilihan dan peringkat perolehan suara. 

"Itu tergantung partai politik saja," ujar Sanusi. 

Sementara itu Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan, pihaknya belum melakukan PAW terhadap calon anggota DPRD Provinsi Jambi dari partainya yang ditetapkan tersangka. 

"Belum ada, kita menghormati proses hukum," ujar Edi. 

Dia mengatakan pihaknya menunggu surat pengunduran diri yang dua kadernya, Chumaidi Zaidi dan Elhelwi. Setelah itu baru bisa mengajukan PAW. 

"Kita tunggu saja," ungkapnya. (IMC01)