Nelayan Dapat Bantuan 18 Sampan Mesin

Nelayan Dapat Bantuan 18 Sampan Mesin
Pemkab Siak menyalurkan bantuan alat tangkap kepada nelayan di Merempan Hilir. (ist)

IMCNews.ID, Siak - Kelompok Nelayan Merempan Hilir, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mendapatkan bantuan dari Bank Indonesia berupa alat tangkap belat sebanyak 28 bal dan sampan bermesin sebanyak 14 unit yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman.

Bantuan itu diperuntukkan bagi para nelayan yang terhimpun dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rukun Damai. Penyerahan dilakukan di halaman rumah warga Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Senin.

"Kedatangan kami ke sini untuk menyerahkan bantuan dari BI berupa sampan bermesin dan alat bantu tangkap ikan dan sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat di sini," kata Arfan.

Namun bantuan yang diserahkan hanya alat bantu tangkap, sedangkan sampan mesinnya diserahkan pada waktu yang lain. Ia berpesan agar seluruh penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, Susilawati menambahkan, KUB ini sebelumnya telah membuat proposal yang selanjutnya diteruskan oleh pihaknya ke BI. "Sekitar empat bulan yang lalu kelompok nelayan disini sudah mengajukan proposal. Kemudian kami bantu meneruskan ke pihak BI," ujarnya.

BACA JUGA : OJK : Media Miliki Peran Strategis Ikut Memulihkan Ekonomi

Baca juga: Warga Teluk Lanus tangkap buaya pemangsa nelayan Meranti. Ini isi perut buaya

Selanjutnya pihak BI melakukan verifikasi lapangan sekitar bulan Oktober yang lalu di kampung tersebut. "Insya Allah sampannya akan diserahkan di bulan Desember" jelasnya.

Selain itu lanjutnya para nelayan di Kampung Merempan Hilir juga telah memperoleh asuransi. Itu berupa santunan kecelakaan akibat melakukan aktivitas penangkapan ikan serta kecelakaan akibat selain itu.

Ketua KUB Rukun Damai, Abu merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan. Dengan alat baru tersebut, ia optimistis anggota kelompok akan mendapatkan ikan yang lebih banyak.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur, mudah-mudahan hasil tangkapan ikan nanti bisa lebih banyak," ucapnya. (IMC02/Ant)