Hukum

Naik Penyidikan, Kejati Segera Tetapkan Tersangka Proyek Mangkrak UIN STS Jambi

Jul 21, 2019 07:13
Kajati Jambi, A Nurwinah. (Rano/IMCNews.ID)
Kajati Jambi, A Nurwinah. (Rano/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi – Kasus dugaan korupsi Mega proyek Auditorium UIN STS Jambi sudah semakin dalam. Pasalnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) telah mendapatkan dua alat bukti, sehingga status yang awalnya penyelidikan naik menjadi penyidikan. 

Kajati Jambi, Andi Nurwinah, mengatakan, pihaknya telah memeriksa banyak saksi atas hal tersebut. Kedepan pihaknya juga akan kembali memeriksa saksi-saksi yang lebih dekat dengan keterlibatan proyek mangkrak senilai Rp35 Miliar tersebut. Kini kasus tersebut tinggal menunggu untuk penetapan tersangka saja. 

"Untuk UIN sekarang sudah ditingkatkan ke penyidikan, tapi kita belum ekspos siapa yang akan menjadi tersangka," kata Andi Nurwinah, Minggu (20/7/2019). 

Sebelumnya, Kejati Jambi mulai melakukan penyelidikan kasus tersebut sejak awal bulan Juli karena adanya laporan. Pembangunan Gedung Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifudin (STS) Mendalo sendiri  pengerjaannya mangkrak sejak 2018 lalu. Realisasi pekerjaan masih di bawah 30 persen per Januari kemarin.

Ada Kejanggalan dalam proyek tersebut. Informasinya, pembangunan Auditorium bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018. Pengerjaan proyek dilakukan oleh PT Lambok Ulina. 

Yang mana PT Lambok Ulina mengikat kontrak lewat Surat Keputusan Hadri Hasan selaku Rektor UIN sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dengan surat perjanjian nomor 46-Un.15/PPK-SBSN/KU.01.2/06/2018 untuk memulai pelaksanaan pekerjaan selambat-lambatnya selama 208 hari kalender terhitung sejak 7 Juni 2018 hingga 31 Desember 2018.

PT Lambok Ulina ditahap awal telah mencairkan uang muka sebesar 20 persen atau sekitar Rp7 miliar. Namun uang muka tersebut, tidak sepenuhnya digunakan untuk pekerjaan Gedung Auditorium. Hanya Rp 1,5 miliar saja yang dapat digunakan oleh PT Lambok Ulina. Sisanya, digunakan untuk menutupi hutang pengerjaan Gedung Laboratorium UIN STS Jambi. (IMC02)