Politik

Mengungkap Niat dari Pertemuan Lima Bupati Jelang Pilgub Jambi

Sep 14, 2019 06:18
Pertemuan Lima Bupati dalam agenda silahturahmi di Kerinci berjalan santai. (ist)
Pertemuan Lima Bupati dalam agenda silahturahmi di Kerinci berjalan santai. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pertemuan Lima Bupati, Yakni Romi Hariyanto Bupati Tanjabtim, Masnah Busro Bupati Muarojambi, Al Haris Bupati Merangin, Mashuri Bupati Bungo dan Adi Rozal Bupati Kerinci, mengundang banyak tanda tanya. 

Pasalnya, kelimanya kompak mengatakan agenda pertemuan hanya silahturahmi dengan kegiatan eksebisi olah raga semata. Namun benarkah hanya pertemuan silaturahmi biasa?

Dari berbagai sumber, IMCNews mendapat kabar bahwa niatan awal pertemuan kelima kepala daerah itu adalah membahas persatuan. Tujuanya, agar Provinsi Jambi tidak terkotak-kotak antara Jambi Barat dan Jambi Timur. 

"Tujuan awalnya ingin Jambi ini bersatu, lalu sepakatlah untuk bagaimana mendorong pak HBA untuk maju Pilgub. Sebagai salah satu usaha dari niatan tersebut," ungkap sumber yang tak ingin namanya disebutkan. 

Pertemuan di Bungo beberapa waktu lalu, masih membahas soal ikhtiar untuk meminta HBA kembali maju. Namun memang hingga saat ini, HBA masih belum mau mengikuti keinginan tersebut. 

"Jambi butuh pemersatu, jangan lagi terkoyak-koyak. Hingga saat ini hal tersebut masih diikhtiarkan," ungkap sumber. 

Sementara orang dekat Al Haris, saat dikonfirmasi mengenai hasil dari pertemuan di Kerinci mengatakan, hasilnya masih sama. Ditanya apakah memang ada kesepakatan satu nama atau mendorong HBA kembali maju, ternyata tidak bersedia. 

"Dorong pak HBA, tapi beliau tidak bersedia, jadi dorong orang lain," ujarnya.

Terkait siapa yang akan didorong, apakah Al Haris, dia mengaku sulit untuk menjawabnya. Namun menurut dia, arah dukungan kelima Bupati tersebut sudah mulai mengerucut. 

Ini diketahui dari pernyataan Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto saat berkesempatan memberikan sambutannya di Kerinci. Romi menegaskan dirinya tidak akan maju dalam Pilgub, namun akan mendukung salah satu yang hadir dalam pertemuan itu. 

"Saya dan Buk Masnah tidak akan maju Pilgub, namun kami akan memberikan dukungan kepada salah satu yang ada disini," ujar Romi. 

Mashuri sendiri, sejak awal memang tidak ada niatan untuk maju sebagai calon Gubernur Jambi. Hanya tersisa dua nama yang sebelumnya pernah menyatakan keinginan untuk maju Pilgub. 

Keduanya adalah Al Haris Bupati Merangin dan Adi Rozal Bupati Kerinci. Siapakah di antara keduanya yang akan maju? Apakah komitmen kelima Bupati tersebut untuk mendukung salah satunya maju Gubernur akan terbukti. (IMC02)