Longsor Hantam Jalan Lubuk Nagodang-Siulak Deras

Longsor Hantam Jalan Lubuk Nagodang-Siulak Deras
Kondisi longsor yang menutupi badan jalan. (ist)

IMCNews.ID, Kerinci - Longsor melanda jalan nasional di lubuk Nagodang-Siulak Deras, Rabu (13/1/2021) kemarin. Kejadian itu setelah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diguyur hujan sejak Rabu sore. 

Tanah longsor dari perbukitan menimbun badan jalan tersebut, terjadi sekira pukul 16.30 WIB, saat wilayah Siulak diguyur hujan deras. 

"Ya, jalan tertimbun tanah dari tebing samping jalan, karena hujan lebat yang tidak berhenti dari Rabu siang sampai sore. Tadi belum ado alat berat turun membersihkan material longsor," ungkap Dedi, salah seorang warga yang melintas saat dari Kayu Aro ke Sungai Penuh. 

Akibat material tanah yang menimbun badan jalan tersebut, terjadi antrean pajang kendaraan. Pasalnya, hanya satu jalur yang dapat digunakan. 

"Memang jalan ini sering terjadi longsor setiap hari hujan lebat. Harus jadi perhatian pemerintah untuk mengatasi terjadi longsor," harapnya. 

Setelah hampir sekitar 3 jam badan jalan tertimbun longsor, sekitar pukul 19.30 WIB, jalan sudah bisa dilewati. Satu unit alat berat dari  dinas PUPR Kerinci diturun untuk membersihkan material longsor. 

Kapolsek Gunung Kerinci, IPTU Harmen Dasiba, mengatakan bahwa untuk jalan yang tertimbun longsor tersebut sudah bisa dilalui.

"Ya, tadi sempat antre kendaraan karena badan tertumbun tanah, tapi kendaraan bisa melintas cuma sistim buka tutup," jelas kapolsek. 

"Sekarang sudah bisa melintas kendaraan. Cuma material menunggu besok dibersihkan karena tadi hanya dipinggirkan dulu, karena sudah malam," tambahnya. 

Dia juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati melintas terutama pada saat hujan lebat.

"Kami minta berhati-hati saat melintas, karena cuaca awal tahun sudah masuk musim hujan," imbuhnya. (IMC01)