KPU Provinsi Rencanakan Buat TPS di RSJ

KPU Provinsi Rencanakan Buat TPS di RSJ
Ahdiyenti. (dok/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - KPU Provinsi Jambi dan KPU Kota Jambi akan berkunjung ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk mendata pemilih disabilitas mental.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Ahdeyenti mengatakan, jika memungkinkan, pihaknya akan membuat TPS di RSJ. Dia mengatakan, pembuatan TPS di RSJ ini, berdasarkan Surat Edaran dari KPU RI, isinya lebih kurang jika dimungkinkan maka akan dibuat TPS di RSJ. 

"Ini berdasarkan surat edaran KPU RI untuk membuat TPS disana. Tapi memang kita akan lihat dulu bagaimana kondisi disana," ujarnya. 

Namun, Ahdeyenti belum bisa memastikan kapan jadwal kunjungan tersebut. Sebab, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari KPU Kota Jambi.

Ahdiyenti menjelaskan, pendataan terhadap warga disabilitas mental dan tuna grahita ini sebenarnya sudah dilakukan sejak Pemilu periode yang lalu.

Namun memang akhir-akhir ini ramai karena pamahaman yang berbeda soal disabilitas mental ini. 

"Jangan anggap disabilitas mental itu yang negatif saja, tapi ada yang normal seperti kita, namun mereka memang punya penyakit begitu. Itu yang nantinya dipisahkan dan didata oleh KPU. Yang mana untuk golongan parah hingga tidak lagi mengenal diri sendiri dan orang lain tidak bisa ikut, namun dibuktikan dengan surat keterangan dokter," ujar Ahdiyenti.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Jambi Arif Lesmana Yoga mengatakan, pendataan ke RSJ akan dilakukan oleh pihaknya sesegera mungkin. Namun dia belum bisa memastikan kapan.

“Tentu sesegera mungkin kita jadwalkan ya, saat ini memang kita masih berfokus untuk perbaikan data pemilih dan logistik. Namun tidak akan lama, yang jelas kita sudah ada komunikasi tinggal dicocokan dengan jadwal KPU Provinsi,” jelasnya. (IMC01)