KPU Bersiap Hadapi Kemungkinan PSU

KPU Bersiap Hadapi Kemungkinan PSU
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi tengah bersiap menghadapi gugatan hasil penghitungan suara Pilgub Jambi 2020. 

Gugatan yang dilayangkan pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu kini sudah berada di MK, dan tinggal menunggu sidang. 

Saat ini, KPU Provinsi Jambi tengah menunggu surat resmi dari MK terkait daerah mana yang ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Kami harus menghadapi gugatan tersebut serta turut mempersiapkan data dan bukti yang ada," kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, saat dikonfirmasi Senin (11/1/2021) kemarin.

BACA JUGA : Bakal Back Up KPU dan Bawaslu di MK, Begini Kata Haris

Apnizal mengatakan, pihaknya juga tengah mengkaji kemungkinan terburuk dari hasil putusan MK nantinya. Salah satunya terkait kemungkinan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi.

"Tentu harus dipikirkan juga sekarang. Jika hasil gugatan MK dinyatakan PSU nantinya," katanya lagi.

Seperti halnya dengan anggaran jika dilakukan PSU. KPU Provinsi Jambi tentunya akan mengajukan revisi ke Pemprov Jambi untuk anggarannya, yang mana sebelumnya Pilgub Jambi 2020 menghabiskan dana Rp 180 Miliar.

"Soal dana, akan dijadikan ke Pemprov Jambi revisinya. Setelah ada petunjuk dari MK. Jumlahnya sama dengan sebelumnya,” katanya.

Selain itu, juga terkait dengan petugas jika nantinya dilakukan PSU, salah satunya PPK. Masa jabatan PPK akan diperpanjang, namun dilihat dulu apakah masih memenuhi syarat. 

"Jika ada pelanggaran kode etik dan sebagainya, akan diganti PPK lainnya. Itu merupakan persiapan kemungkinan terburuk terhadap penyelenggara," katanya. 

Pihaknya mengatakan juga akan segera melakukan rapat koordinasi dengan KPU di kabupaten/kota untuk persiapan menghadapi gugatan tersebut. (*)