Artikel

Kamu Siap Diancam Pidana Penjara Jika Melakukan Body Shaming ke Orang lain?

Dec 8, 2018 04:15
ILUSTRASI.(Istimewa)
ILUSTRASI.(Istimewa)

Ella Sri Wahyuni

Sebagai keturunan darah murni (nonbule) tentu saja  saya  tidak berkulit putih sedangkan penduduk daerah kelahiran saya sangat terkenal dengan istilah 3P “Putih, Pendek, Pesek”.Sering kali saya ditertawakan karena tidak memenuhi unsure imut-imut tersebut. Menyebalkan
Seketika saya teringat  sebuah judul salah satu sinetron “Mengapa aku berbeda”.


Body Shaming  itu sama kejamnya dengan Bullying
Body Shaming adalah tindakan mengomentari kekurangan fisik orang lain, atau sebuah istilah yang digunakan untuk menghina bentuk fisik dari seseorang. Misalnya, mengejek orang lain karena dia memiliki tubuh yang pendek dan gendut, dan masih banyak contoh lainnya. Bentuk tubuh merupakan penampilan sari seseorang yang mana merupa bagian dari pembentuk kepercayaan dirinya sehingga dengan menghina bentuk tubuhnya sama saja dengan kamu menurunkan dan bahkan dapat menghilangkan kepercayaan diri orang tersebut.


Dampak yang berbahaya
Sebenarnya kecantikan bukan hanya milik mereka yang memiliki tubuh kurus tinggi lansing sehingga kita tidak bias menilai berdasarkan fisik dan melakukan Body Shaming sama saja dengan menghilangkan rasa kepercayaan diri seseorang. Seperti yang kita ketahui apabila kehilangan kepercayaan diri manusia cenderung mencari berbagai solusi. Misalnya,nekat mengonsumsi obat diet yang beredar di internet, obat-obatan dengan selogan Terbukti, instan, dan tanpa olahraga yang beredar di internet tentu saja berdampak buruk untuk kesehatan baik dampak yang akan terjadi dalam  jangka pendek maupun jangka panjang.


Body Shaming Diancamdengan 9 bulan – 6 tahun Pidana Penjara
Meskipun dalam bentuk candaan Body Shaming tetap merupakan sebuah penghinaan.Tindakan Body Shaming dikategorikan menjadi dua tindakan.Tindakan yang seseorang mentranmisikan narasi berupa hinaan, ejekan dalam bentuk wajah, warna kulit, postur seseorang menggunakan media sosial. Itu bias dikategorikan masuk UU ITE (Undang-undang Informasi danTransaksi Elektronik) Pasa l45 ayat 1 dan Pasal 27 ayat 3, dapat diancam hukuman pidana 6 tahun. Kedua, apabila melakukan Body Shaming tersebut secara verbal, lansung ditujukan kepada seseorang, dikenakan Pasal 310 KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan. Kemudian (body shaming yang lansung ditujukan kepada korban) dilakukan secara tertulis dalam bentuk narasi, melalui transmisi di media sosial, dikenakan Pasal 311 KUHP. Hukuman 4 tahun.