Jelang Pilwako Jambi, Maulana Merapat ke PAN? 

Jelang Pilwako Jambi, Maulana Merapat ke PAN? 
Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri. (Dok IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Sejumlah nama telah bermunculan menyatakan kesiapan untuk ikut ambil bagian dalam Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi meski masih lama pada 2024 mendatang. Bahkan, sejumlah nama yang muncul telah memasang alat peraga sosialisasi seperti baliho dan banner di beberapa lokasi dalam Kota Jambi. 

Perebutan perahu partai sebagai jalan untuk dapat maju dalam ajang paling bergengsi di Kota Jambi itu pun juga menarik untuk diamati. Dari sejumlah partai pemilik kursi di DPRD Kota Jambi, Partai Amanat Nasional (PAN) sepertinya belum memiliki kader potensial untuk dimajukan sepopuler Maulana. 

Apalagi, bekas kadernya, mantan Wakil Walikota Jambi, Sum Indra yang kini duduk sebagai anggota DPD RI telah bergabung bersama PDIP beberapa waktu lalu. Nama Sum Indra disebut akan ikut ambil bagian dalam Pilwako mendatang. 

Teranyar, kabar yang berhembus, Wakil Walikota Jambi, Maulana diisukan bakal merapat bergabung ke partai berlambang matahari terbit tersebut. Mengingat, partai Gerindra tempat Maulana kini bernaung punya sejumlah nama kader potensial yang bisa dimajukan. 

BACA JUGA : Gugatan CE-Ratu Dinyatakan Memenuhi Syarat

Hal itu akan membuat Maulana harus berjuang ekstra untuk meraih dukungan partai besutan Prabowo Subianto itu. Ada nama Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi dari fraksi Gerindra, Rocky Chandra yang digadang bakal maju di Pilwako Jambi. 

Rocky bahkan disebut paling berpeluang diusung Gerindra karena kedekatannya dengan pengurus DPP. Bahkan, belakangan ini nama Rocky pun disebut-sebut bakal menggantikan Sutan Adil Hendra (SAH) mengomandoi DPD Gerindra Provinsi Jambi. 

Selain itu, juga ada nama anggota DPRD Provinsi Jambi fraksi Gerindra dari dapil Kota Jambi, Budiyako. Lalu juga ada nama Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan. Nama-nama ini sepertinya tak mau diam dalam persaingan perebutan perahu Gerindra. Persaingan perebutan perahu Gerindra itu membuat sangat rasional jika Maulana akhirnya melirik PAN. 

Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri sendiri tak membantah kabar Maulana bakal merapat ke partai yang ia komandoi. Bahkan kata anggota DPR RI ini, selain Maulana juga cukup banyak tokoh yang ingin bergabung di partai matahari terbit tersebut. 

"Bukan hanya Maulana, ada banyak," kata Bakri belum lama ini. 

Bahkan Ketua Koalisi Partai pengusung Haris-Sani di Pilgub Jambi 2020 lalu sesumbar mengatakan jika ingin maju Pilkada, gunakan perahu PAN. 

"Ada bahasa yang menyebar, kalau mau maju Pilkada pakailah perahu PAN," kata Bakri. 

Sayangnya, Bakri enggan menyebutkan siapa saja tokoh yang dia maksud telah berkomunikasi dan bakal bergabung dengan PAN. Yang pasti, dia menyatakan, PAN membuka peluang terhadap semua kandidat. 

"Kita nanti buka peluang, buka pendaftaran siapapun juga. Bisa juga koalisi, baik koalisi saat Pilgub, bisa iya bisa tidak," katanya. 

Mengenai kabar ini sendiri, Wakil Walikota Jambi, Maulana belum bisa dimintai komentarnya. Nada ponsel sedang tidak aktif. (IMC01)