Ini Tiga Lokasi Rawan Banjir di Kota Jambi yang Akan Ditangani Dinas PUPR Provinsi

Ini Tiga Lokasi Rawan Banjir di Kota Jambi yang Akan Ditangani Dinas PUPR Provinsi
Banjir di salah satu kawasan dalam Kota Jambi akbat drainase yang tak mampu menampung debit air dalam kondisi curah hujan yang tinggi. (dok/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi segera menangani daerah rawan banjir, khususnya di Kota Jambi. Salah satunya dengan perbaikan saluran air (drainase).

"Kami telah meninjau beberapa lokasi yang terkena banjir akibat hujan lebat beberapa jam yang terjadi beberapa hari terakhir ini hingga mengakibatkan banjir pada beberapa lokasi, khususnya perumahan yang ada di Kota Jambi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M. Fauzi, Rabu (5/12/2018).

Pihak PUPR segera menindaklanjuti hal itu dengan melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait dan melakukan tindakan ke lapangan guna melihat titik rawan banjir.

Lokasi yang rawan banjir tersebut, kata dia, segera ditangani sesuai dengan rekomendasi rapat koordinasi terkait dengan penanganan bencana itu.

"Ada tiga titik yang paling rawan banjir di antaranya di Lapas Klas II Jambi, Simpang UPCA, dan Permuhan Kembar Lestari," kata Fauzi.

Pihaknya telah melakukan pembagian tugas terkait dengan penanganan masalah itu.

"Kita sudah membagi tugas masing-masing baik dari Dinas PUPR Provinsi, BWSS, dan Dinas PU Kota Jambi," kata dia.

Dia memastikan pada 2019 telah dianggarkan penanganan banjir di Kota Jambi, seperti pembangunan saluran air.

Sebelumnya, banjir mengenangi jalan utama di beberapa titik akibat hujan lebat yang menyebabkan kemacetan panjang pada ruas jalan lintas Sumatera yang melewati Kota Jambi itu.

Banyak pengendara kesulitan melintas dan banyak kendaraan warga mogok karena memaksa melewati genangan air setinggi pinggang orang dewasa itu.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi mencatat beberapa wilayah dalam Kota Jambi yang parah terjadi banjir akibat hujan lebat, seperti kawasan Perumahan Kembar Lestari, Perumahan Namura, Lapas Jambi, dan depan SPBU Simpang Bangunan Bawah, serta ada lokasi untuk evakuasi warga jika terjadi banjir, yaitu Kantor BPBD dan Kantor Wali Kota Jambi. (IMC01)