Nasional

Ini Dia Persyaratan dan Tahapan Rekrutmen PPPK

Feb 11, 2019
Pendaftaran online PPPK dibuka selama tujuh hari (Ilustrasi)
Pendaftaran online PPPK dibuka selama tujuh hari (Ilustrasi)

IMCNews.ID, Jakarta - Rangkaian rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2019 sudah dimulai. Pendaftaran tahap I sudah dibuka Minggu (10/2/2019) kemaren.

Pemerintah pada pendaftaran PPPK tahap I ini memprioritaskan tiga formasi utama. Tenag pendidik, tenaga kesehatan serta penyuluh pertanian.

Renacananya pendaftaran online dilakukan dalam waktu tujuh hari, dari tanggal 10 sampai 16 Februari.

Dari laman resmi menpan.go.id setidaknya terdapat 150 ribu eks Tenaga Honorer Kategori II dan penyuluh pertanian dari Kementerian Pertanian yang memenuhi ketentuan peraturan perundangan dan sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) berpotensi dapat mendaftar dan mengikuti seleksi.

Namun khusus untuk penyuluh pertanian database-nya terdapat di Kementan dan BKN.

Berikut ini persyaratan lengkap formasi dalam seleksi PPPK/P3K 2019 Tahap I.

1. Tenaga Pendidik
- TH Eks K-II
- Berusia maksimal 57 tahun per 1 April 2019
- Pendidikan minimal S1/DIV dengan jurusan relevan dengan mata pelajaran pada kurikulum
- Masih aktif mengajar sampai saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah/Kepala Dinas yang menyatkan maish aktif yang memuat informasi minimal NUPTK/NIK, nama, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, mata pelajaran yang diampu. Kab/Kota/Provinsi.

- Menandatangani Surat Pernyatataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri Kab/Kota/Provinsi dsesuai wilayah tempat mengajar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini.

2. Penyuluh pertanian
- THLTB
- Berusia maksimal 57 tahun per 1 April 2019
- SMK bidang pertanian (rumpun ilmu hayat pertanian)
- Untuk inseminator wajib memiliki sertifikat inseminator
- Bertugas di desa dengan basis unit kerja di Kecamatan, Kabupaten, atau Provinsi dan telah aktif bekerja selama minimal 5 tahun berturut-turut. Dibuktikan dengan SK Menteri Pertanian/Dirjen/Dinas Pertanian Provinsi.

3. Tenaga Kesehatan
- TH Eks K-II
- Berusia maksimal 57 tahun per 1 April 2019
- Memiliki pendidikan minimal D-III bidang kesehatan sesuai dengan persyaratan jabatan
- Mempunyai STR yang masih berlaku (bukan STR internship) kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator kesehatan,dan Pranata Laboratorium Kesehatan dengan Pendidikan D-III/S1-Kimia/Biologi.
Memiliki Surat Keputusan Pengangkatan Terakhir.
Rekrutmen PPPK Tahap I menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan terutama mereduksi adanya calo. Selain itu untuk mendekatkan lokasi seleksi kepada peserta, agar peserta tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Setiap instansi dijawalkan melakukan pengumuman pada tanggal 8-16 Februari 2019 sekaligus mengecek dan verifikasi data peserta rekrutmen.

Pengumuman hasil verifikasi administrasi dilakukan pada 18 Februari 2019. Pelaksanaan tes digelar dua hari yakni 23-24 Februari 2019. BKN bersama dengan pemda melakukan pengolahan nilai tes pada tanggal 25 sampai dengan 28 Februari. Sementara pengumuman kelulusan dijadwalkan pada 1 Maret 2019.(IMC02)