Dunia

Hotel Hilton Dekat Masjidil Haram Terbakar

Feb 18, 2019
Hotel yang terbakar di dekat Masjidil Haram. (ist)
Hotel yang terbakar di dekat Masjidil Haram. (ist)

IMCNews.ID, Makkah - Kebakaran terjadi di hotel Hilton yang berada di Jabal Omar, Makkah, Arab Saudi, Minggu (17/2/2019) siang waktu setempat.

Hotel ini posisinya dekat dengan Masjidil Haram sehingga sering digunakan jamaah Umrah asal Indonsia.

Menurut Pembantu Staf Teknis Haji 1 Kantor Urusan Haji di Makkah Arab Saudi, Amin Handoyo, api melalap beberapa ruangan di bagian dapur dan balkon belakang hotel.

“Kejadian di dapur dan terlihat (api menyebar) di balkon belakang, tapi langsung teratasi,” kata Amin dikutip dari Kumparan, Minggu (17/2).

Dalam sebuah video yang didapat IMCews.ID, terlihat api membakar beberapa ruangan di hotel. Kobaran api terlihat membumbung tinggi dengn asap hitam. 

Warga yang ada di sekitar lokasi menyaksikan kejadian itu dan ikut mengabadikannya.

Petugas pemadam kebakaran setempat bergerak cepat untuk memadamkan api. Menurut Amin, tidak butuh waktu lama bagi petugas hingga akhirnya api dapat dipadamkan.

Amin menyebut tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini. Begitu juga terhadap warga negara Indonesia yang menginap di hotel tersebut.

“Tidak ada (WNI yang terdampak akibat kebakaran ini),” kata Amin.

Hotel Hilton hanya berjarak kurang lebih 100 meter apabila ditempuh dengan berjalan kaki menuju Masjidil Haram. Sehingga, hotel ini kerap digunakan oleh jemaah Indonesia yang sedang menjalankan ibadah umrah maupun haji untuk menginap. (IMC01)