Berita Jambi

Gempa 6, 0 SR Guncang Padang, Getaran Terasa Hingga Kerinci

Feb 2, 2019
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya, Sabtu (2/2/2019). Gempa terjadi sekitar pukul 16.27 WIB.

Gempa dirasakan warga setempat dan membuat berbagai benda dalam posisi tergantung menjadi berayun-ayun. Belum diterima keterangan terkait dengan dampak bencana itu.

Informasi yang didapat dari media sosial BMKG menyebutkan pusat gempa di koordinat 3,03 Lintang Selatan dan 99,84 Bujur Timur dengan jarak 117 kilometer tenggara Kabupaten Padangpariaman dan kedalaman 17 kilometer. 

Getaran akibat gempa tersebut bahkan terasa hingga ke daerah tetangga. yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi. 

Andala, warga Kerinci yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, meski tidak begitu kencang, namun getaran memang terasa.

"Iya barusan saja terasa goyangan akibat gempa itu disini (Kerinci). Lumayan lama juga terasa goyangannya. Belum lama, sekitar 10 menit yang lalu," akunya. 

Dia mengatakan, getaran akibat gempa di Sumbar itu cukup membuat warga Kerinci menjadi panik. Ada juga yang berlarian ke luar rumah.  "Ada gempa, ada gempa. Sudah tu ada yang lari ke luar rumah," ujarnya menirukan kondisi saat getaran terasa. (IMC01)