Dicanangkan Hari Ini, Gubernur Tak Masuk Daftar yang Divaksin

Dicanangkan Hari Ini, Gubernur Tak Masuk Daftar yang Divaksin
Vaksin saat tiba di Jambi dengan pengawalan ketat. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Berbagai persiapan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi untuk melakukan vaksinasi yang akan dilakukan, hari ini, Kamis (14/1/2021). Proses vaksinasi dilakukan di rumah dinas Gubernur Jambi. 

"Kita juga lakukan cek kesehatan. Diantaranya tensi dan pemeriksaan penyakit  lain seperti diabetes atau pernah terinfeksi covid . Sehingga pada tahap pelaksanaan vaksinasi hari ini tidak terlalu lama pemeriksaannya," kata Plt Kadis Kesehatan Provinsi Jambi, Reflizar, Rabu (13/1/2021) kemarin. 

Menurut Reflizar, pihaknya sudah menyiapkan dokter untuk memeriksa kesehatan para penerima vaksin. Jumlahnya 22 orang yang ikut dan kemungkinan berkurang. 

Selain itu, penyuntikan vaksin akan dilakukan oleh tenaga terlatih dan diawasi  tenaga ahli yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Selain itu, Reflizar juga mengungkapkan Provinsi Jambi  kembali menerima tambahan 11.200 dosis vaksin Sinovac. Sehingga total vaksin yang sudah didistribusikan pemerintah pusat melalui PT Infarma, Bandung sebanyak 31.200 dosis. "Vaksin tersebut sudah kita distribusikan ke kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi,"ujarnya .

BACA JUGA : Pemkot dijatah 8.000 Dosis Vaksin, 7.939 Untuk Tenaga Kesehatan

Sementara itu, juru bicara satuan tugas penangan Covid -19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan teknis pelaksanaan penyuntikkan vaksin hari ini. 

Menurut dia, setelah tiba di lokasi vaksinasi, para penerima vaksin diarahkan ke meja cek kesehatan. Kemudian berlanjut ke panggung untuk penyuntikkan vaksin. Setelah itu kembali ke meja cek kesehatan. 

"Setelah divaksinasi, akan dilakukan lagi pengecekan tensi darahnya," katanya.

Intuk urutan penyuntikan, menurut Johan akan disesuaikan dengan urutan kepangkatan. Dimulai dari yang paling tinggi.

"Kita pastikan urutan pertama adalah Kapolda Jambi. Lalu diikuti Dandrem, DPR, Sekda dan lainnya," jelasnya.

Johan juga memastikan pada tahap pertama ini, Gubernur jambi Fachrori Umar tidak masuk daftar yang divaksin. Karena usia gubernur sudah diatas 60 tahun. Sementara vaksinasi tahap pertama hanya diperuntukan bagi usia  18 hingga 59 tahun. 

"Makanya beliau tidak bisa ikut. Menunggu izin tahap berikutnya," jelasnya.

Lebih lanjut Johan mengatakan, vaksinasi tahap pertama tidak hanya dilakukan oleh pemerintah provinsi saja. Tapi juga dilakukan oleh pemerintah kota Jambi dan kabupaten Muarojambi. 

"Besok (hari ini)  juga dicanangkan di Kota Jambi dan Muarojambi ,"pungkasnya. (IMC01)