Bumi Perkemahan Sungai Gelam Terbengkalai

Bumi Perkemahan Sungai Gelam Terbengkalai
Suasana jalan menuju lokasi Buper di Sungai Gelam. (IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Sebagai salah satu ikon Sungai Gelam, Bumi Perkemahan Pramuka (Buper) yang berlokasi di Ladang Panjang, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, justru tidak terurus.

Semenjak 2019 hingga saat ini, Buper Sungai Gelam tidak dimanfaatkan. Tak ada kegiatan sama sekali yang dilaksanakan di lokasi ini. 

Lahan Buper seluas 4.894.735 m2 itu tampak terbenglalai akibat banyaknya rumput liar yang tumbuh di daerah itu. Ditambah lagi, bangunan yang ada di dalam lokasi mulai rapuh menjadi pemandangan yang tak enak dilihat. 

"Kami sebagai masyarakat ingin sekali mengajak keluarga liburan dengan pemandangan yg asri, nyaman, dan aman. Buperlah harapan kita," jelas Widadu Sentono, salah satu warga Sungai Gelam.

Selain menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan kepramukaan baik di tingkat kabupaten maupun nasional, Buper Sungai Gelam berpotensi menjadi lokasi wisata alam berbasis edukasi bagi masyarakat. Hanya saja, pemanfaatan Buper tidak optimal. 

"Mudah-mudahan ke depan pemerintah kabupaten dan kecamatan dapat membangun Buper. Selain untuk kegiatan pramuka setiap setahun sekali, suatu saat bisa buat taman wisata alam," tutupnya. (MG02)