Daerah

Begini Kata Kepala BRG Soal Pentingnya Merawat Lahan Gambut

Apr 10, 2019 10:53
Kunjungan Kepala BRG di Desa Pulau Mentaro, Muaro Jambi. (Mario/IMCNews.ID)
Kunjungan Kepala BRG di Desa Pulau Mentaro, Muaro Jambi. (Mario/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG - RI) Ir Mazir Foead, M.Se didampingi Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Akhmad Bestari melakukan kunjungan ke Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi guna meninjau program kerja Rewetting.

Dalam kesempatan itu, Mazir Foead menjelaskan bahwa gambut adalah lahan yang potensial untuk menyimpan air dan karbon. 

"Tapi kalau dikeringkan dan terlalu kering airnya akan hilang persediaan air tidak ada, dan jika terbakar maka akan susah dipadamkan," katanya, Rabu (10/4/2019).

Oleh sebab itu, kata dia, dibuatlah program restorasi gambut, yang memperbaiki gambut dan menjaga kebasahannya.

"Kanal yang sudah dibuat untuk mengeringkan kita tutup dan kita buat skat kanalnya, dan selain membasahi gambut kita juga buat program untuk meningkatkan fungsinya masyarakat dan tentunya bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Pemda, Pemprov," ujarnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa BRG RI itu memiliki program R3. Yaitu, Rewetting dengan pembangunan sekat kanal. Revegetasi dengan menanam kembali lahan-lahan yang terdegradasi akibat karhutla dan Revitalisasi ekonomi, yaitu pemberian paket bantuan ekonomi kepada masyarakat.

"Nah sekarang kita melihat program R3 revitalisasi, Rewetting, Revegetasi. Ada banyak macam pertanian dan ini kebetulan mampir didampingi Bupati," ungkapnya. (IMC01)

Reporter : Mario Dwi Kurnia