Tak Pakai Rem Tangan Avanza Terjun Bebas ke Laut

Akibat supir Avanza tidak menggunakan rem tangan saat mobil berada di kapal feri mobil terjun bebas ke laut

Tak Pakai Rem Tangan Avanza Terjun Bebas ke Laut
Avanza penumpang yyemplung ke Laut dari KMP Nusa Putera. (ist)

IMCNews.ID, Bandarlampung - Satu kendaraan Avanza tercebur ke laut perairan Selat Sunda dari atas kapal feri KMP Nusa Putera yang bertolak dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (18/6/2019).

Koordinator SAR PT ASDP Pelabuhan Merak, Banten Radmiadi dihubungi Selasa malam, membenarkan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.35 WIB. "Iya benar, kronologinya KMP Nusa Putera berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, berangkatnya pukul 15.12 WIB dari dermaga enam, setengah jam setelah berlayar kejadian ada mobil penumpang yang jatuh ke laut," kata Radmiadi.

Baca juga: Habiskan Rp225 Miliar, TPA akan Hasilkan Kompos dan Gas Metan

Radmiadi mengaku pertama kali mendengar kabar itu dari penumpang yang berada dalam kapal KMP Nusa Putera. Sehingga untuk memastikannya, pihaknya menghubungi petugas pemantau lalu lintas kapal berlayar (STC) Pelabuhan Merak.

"Dan dibenarkan oleh petugas STC, disebutkan ada kejadian mobil Avanza kecemplung ke laut di sekitar Pulau Prajurit," kata Radmiadi.

Baca juga: Danrem 042/Gapu Ajak Media Tangkal Hoaks

Menurut dia, lokasi jatuhnya kendaraan minibus itu berada di laut Selat Sunda wilayah Provinsi Lampung, tepatnya sekitar Pulau Prajurit atau sekitar empat mil dari Pelabuhan Bakauheni. Mengenai penyebab kejadian itu, dugaan sementara mobil itu bisa jatuh dari dek dua kapal ke laut karena tidak digunakan rem tangan oleh sopirnya.

"Mobilnya maju dan menumbuk reling kapal dan kemudian jatuh ke laut," ujarnya.

Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kata Radmiadi lagi. Mengenai identias kendaraan disebutkan kendaraan jenis Avanza Warna hitam Plat B 1087 CKB. Penumpang asal Kota Padang yang akan pulang ke Kota Tanggerang. (IMC02/ant)