7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID - Menanti kelahiran sang buah hati adalah yang hal paling berkesan bagi para calon orang tua. Sebagai orang tua, tentunya menginginkan yang terbaik untuk buah hati Anda. 

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah memastikan bahwa telah mempersiapkan segala sesuatu seperti susu, pakaian, atau stroller bayi, yang dibutuhkan untuk menyambut hadirnya buah hati ke dunia. 

Apakah Anda sudah membuat daftar apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum bayi Anda lahir? Apakah Anda sudah mempersiapkan semuanya? 

Simak 7 hal berikut ini untuk memastikan tidak ada hal yang Anda lewatkan saat mempersiapkan kelahiran bayi Anda: 

1. Kamar dan perabot bayi

Tentukan apakah nanti bayi Anda tidur di kamar Anda ataukah Anda ingin bayi Anda memiliki kamar sendiri? Namun yang pasti, bayi Anda akan membutuhkan beberapa perabot baru untuk kebutuhannya. 

Misalnya stroller bayi atau boks bayi, laci atau lemari untuk menyimpan pakaian dan mainan bayi, tempat untuk mengganti popok, dan penjernih udara yang sangat penting selama pandemi atau hiasan kamar lainnya. 

Jika Anda ingin mengecat kamar bayi, sebaiknya lakukan jauh sebelum perkiraan kelahiran bayi Anda. Pastikan kamar sudah tidak berlaku cat saat bayi Anda tiba.

2. Pakaian bayi

Berbelanja pakaian bayi menjadi kesenangan tersendiri bagi para calon Ibu. Biasanya para calon Ibu mulai berbelanja pakaian bayi setelah mengetahui dengan pasti jenis kelamin bayi yang dikandung untuk memudahkan pemilihan model dan warna pakaian. 

Namun jika jenis kelamin bayi belum diketahui tetapi Anda sudah tidak sabar ingin mencicil berbelanja pakaian bayi, Anda dapat memilih warna yang netral seperti kuning atau coklat. Bayi dapat lahir dengan berbagai kemungkinan berat dan ukuran, karena itu tidak ada salahnya jika Anda membeli

ukuran yang paling kecil hingga yang lebih besar. 

Bayi juga sangat cepat tumbuh, sehingga anda tidak perlu membeli pakaian dengan ukuran yang sama dalam jumlah yang terlalu banyak.

3. Persiapan ASI

ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. Perhatikan apa yang Anda perlukan untuk mencukupi ASI bagi bayi Anda. Apakah Anda memerlukan alat penyedot ASI? Apakah Andamemerlukan botol untuk menyimpan stok ASI di kulkas? Atau apakah Anda perlu membeli mesin penghangat dan pensteril botol ASI? Mulailah mencari rekomendasi tentang berbagai alat ini, dan pilihlah yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda. 

4. Mainan bayi 

Kehadiran bayi tentunya kurang lengkap tanpa mainan di rumah Anda. Mainan yang tepat dapat merangsang kemampuan motorik bayi sejak dini. Pilihlah mainan yang aman bagi bayi, dan tentu saja mainan yang didesain khusus untuk bayi yang baru lahir. 

Adanya mainan juga akan mempercantik kamar bayi Anda. Mainan bayi seperti mainan gantung yang dipasang di atas box bayi akan membuat bayi lebih tenang. 

5. Tas bayi 

Hal ini adalah salah satu hal penting yang perlu Anda siapkan beberapa bulan sebelum prediksi kelahiran. Siapkan tas yang berisi kebutuhan bayi Anda seperti pakaian, kaos kaki, selimut, dan juga pakaian dan kebutuhan Anda. Dalam keadaan darurat dimana Anda perlu ke rumah sakit segera, Anda tinggal membawa tas yang telah dipersiapkan ini. 

6. Keamanan bayi 

Salah satu tugas orang tua adalah memastikan bayi kita aman. Perhatikan apakah keadaan rumah dan perabot rumah sudah aman bagi bayi Anda. Adakah meja yang memiliki sudut siku-siku? Apakah rumah Anda dua lantai? Apakah rumah Anda cukup luas sehingga tangisan bayi dari kamar akan sulit terdengar di ruangan tempat Anda beraktivitas? Pastikan untuk berbelanja alat-alat yang akan menjamin keselamatan bayi Anda. Pelindung siku meja, gerbang tangga, atau monitor bayi hanyalah beberapa contoh saja. 

7. Perlengkapan hygiene bayi 

Kulit bayi sangat sensitif sehingga memerlukan produk khusus untuk merawatnya. Pastikan Anda telah menyediakan berbagai kebutuhan untuk perawatan kulit dan hygiene bayi sebelum bayi Anda lahir. Siapkan perlengkapan mandi bayi seperti sabun dan shampo bayi, bedak bayi, krim kulit, minyak telon, dan sebagainya. Siapkan juga tissue khusus untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran.

Dengan mempersiapkan segala sesuatu untuk bayi Anda dengan seksama, tentu Anda akan semakin merasa tenang dan siap menyambut kehadiran buah hati Anda. Untuk memudahkan anda, buatlah daftar tentang apa saja yang perlu dan sudah disiapkan. (*)