142 Petugas KPPS di Tanjab Barat Reaktif Hasil Rapid Test

142 Petugas KPPS di Tanjab Barat Reaktif Hasil Rapid Test
Andi Pada. (ist)

IMCNews.ID, Kuala Tungkal - 142 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat reaktif setelah dilakukan rapid test. 

Mereka harus menjalani isolasi mandiri. Informasi yang diperoleh, total ada 6.000 orang panitia terlibat penyelenggara Pilkada Serentak 2020 di Tanjab Barat. 

Penyelenggara yang di-rapid test mulai dari PPK dan sekretariat, PPS dan KPPS hingga PAM TPS.

"Ya, rapid tes hasilnya ada 142 orang yang reaktif rapid tes,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat, Andi Pada, Selasa (24/11/2020).

Sesuai dengan protokol kesehatan, semua petugas KPPS harus menjalankan isolasi mandiri untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : 20 Petugas KPPS di Sarolangun dan KPU Tanjab Barat Positif Covid-19

"Saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri. Sementara menunggu hasil swab test keluar sepekan kedepan untuk memastikan apakah postif terpapar Covid-19," jelas Andi Pada.

Sementara Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Ilyas, mengatakan, KPU akan bertindak sesuai aturan. 

"Sesuai dengan regulasi kami jika hasil rapid tes reaktif maka mereka memang harus menjalankan isolasi mandiri. Dan yang bersangkutan juga tidak boleh diberhentikan. Apabila sudah sembuh nanti bisa tetap melanjutkan tugasnya sebagai KPPS," kata Ilyas.

"Tapi apabila di swab positif dan merasa dirinya sakit, tidak bisa menjalankan tugas dan mengundurkan diri, maka kita akan melakukan penggantian," tandasnya. (IMC01)