Inforial

13 Koperasi di Batanghari Diusulkan Untuk Dibekukan

Jul 12, 2019 07:08
Kepala Seksi Pengelola Kebijakan Kelembagaan Koperasi Diskoperindag Batanghari, Ibrar. (ist)
Kepala Seksi Pengelola Kebijakan Kelembagaan Koperasi Diskoperindag Batanghari, Ibrar. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, Jambi melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat mengusulkan pembekuan terhadap 113 koperasi yang tidak aktif menjalankan kegiatan usaha.

"113 koperasi ini tidak memenuhi persyaratan lagi, istilahnya mati suri. Karenanya, kita telah usulkan pembekukan ke pemerintah pusat,” kata Kepala Seksi Pengelola Kebijakan Kelembagaan Koperasi Diskoperindag Batanghari, Ibrar. 

Ada banyak indikator koperasi dimaksud tidak aktif lagi. Salah satunya, keberadaan ataupun kantor dari koperasi itu sudah tidak dapat ditemukan.

"Yang kita temukan dari verifikasi itu banyak sekali. Ada yang hanya tinggal nama saja. Yang jelas, dari 305 koperasi yang ada, hanya 187 koperasi yang masih aktif. Selain itu, semuanya tidak memenuhi persyaratan," terangnya.

Usulan pembekuan ratusan koperasi ini telah dilayangkan ke Pemerintah Provinsi Jambi. Pembekuan ratusan koperasi ini tinggal menunggu jawaban dari Kementrian Koperasi Dan UKM Republik Indonesia.

"Tinggal pihak provinsi yang menindak lanjuti ke Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Sementara kita hanya bisa menunggu jawaban dari pemerintah pusat," tambahnya. (IMC01)