116 Mahasiswa dan Pelajar Tanjab Timur Terima Beasiswa Dari SKK Migas-PetroChina

116 Mahasiswa dan Pelajar Tanjab Timur Terima Beasiswa Dari SKK Migas-PetroChina
Field Manager PetroChina International Jabung Ltd Chandra Jaya tengah menyerahkan buku tabungan bea siswa program "Scholarships for Better Education" kepada seorang siswa SMA di Tanjung Jabung Timur. (ist)

IMCNews.ID, Muara Sabak - Sebanyak 116 orang yang terdiri dari 91 mahasiswa dan 20 siswa setingkat SMA di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mendapatkan beasiswa "Scholarships for Better Education" dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd.

Penyerahan beasiswa berikut buku tabungan bank diserahkan oleh Field Manager PetroChina Chandra Jaya di Ruang Pola Bupati Tanjung Jabung Timur di Muarasabak, Kamis (6/12/2018) kepada perwakilan mahasiswa dan siswa penerima beasiswa tersebut.

Hadir pada kesempatan itu Sekda Pemkab Tanjabbar Safril, Wakil Dekan III Universitas Jambi (Unja) Prof Ir Abdul Azis, manajemen PetroChina International Jabung, Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim serta perwakilan perguruan tinggi dan guru dari para peserta penerima beasiswa.

Seluruh penerima beasiswa hadir pada kegiatan yang berlangsung pada Kamis pagi tersebut. Beasiswa itu diberikan kepada lima orang mahasiswa program S2 (magister) masing-masing Rp15 juta, mahasiswa S1 sebanyak 55 orang masing-masing Rp6 juta, 31 mahasiswa yang tengah menyelesaikan tugas akhir masing-masing senilai Rp4 juta, serta beasiswa kepada 25 pelajar tingkat SMA dan SMK di Tanjabtim masing-masing senilai Rp3,5 juta.

Bantuan beasiswa tersebut merupakan program CSR dari SKK Migas PetroChina International Jabung. Dalam pelaksanaan penyelesaian penerima program bea siswa itu dilakukan bersama dengan Universitas Jambi. Beasiswa selain diberikan kepada mahasiswa dan pelajar di Tanjabtim, sehari sebelumnya atau Rabu (5/12) bantuan serupa juga diserahkan bagi siswa dan mahasiswa di Tanjung Jabung Barat.

Field Manager PetroChina International Jabung Chandra Jaya menyebutkan program beasiswa untuk pendidikan yang lebih baik tersebut merupakan bagian dari kepedulian PetroChina untuk mendukung program pendidikan di daerah itu yang merupakan daerah operasi dari perusahaan yang bergerak di bidang migas tersebut.

Pada kesempatan itu, Chandra Jaya meminta kepada para penerima beasiswa itu untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk menunjang studi mereka. Sehingga pada gilirannya bisa mensuport sekaligus memberikan semangat kepada para mahasiswa dan pelajar untuk lebih berprestasi.

Menurut dia, tanggung jawab meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan tak hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga tanggung jawab semua pihak, termasuk dunia usaha melalui program-program CSR yang ditempuh melalui berbagai kegiatan dan pemberdayaan.

"Peningkatan kualitas SDM dan mendukung peningkatan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, dan PetroChina salah satunya menyalurkan melalui program dengan tema beasiswa untuk pendidikan yang lebih baik," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unja Prof Ir Abdul Azis menyebutkan, beasiswa PetroChina itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan pendidikan terutama dalam bantuan biaya pendidikan.

"Bersyukurlah bagi yang mendapatkan beasiswa ini karena penerimanya harus melalui seleksi yang cukup ketat dari peserta yang tidak sedikit. Hal itu dilakukan agar bantuan pendidikan ini tepat sasaran," kata Wakil Abdul Azis.

Ia menyebutkan, cukup banyak program beasiswa dan harus melalui tahapan dan persaingan yang cukup ketat, dengan penilaian dari berbagai aspek yang pada gilirannya mendapatkan peserta yang benar-benar tepat dan memang sangat terbantu dengan bantuan pendidikan itu.

"Kami perguruan tinggi siap bersinergi dengan pemerintah daerah maupun perusahaan seperti PetroChina International Jabung dalam program beasiswa ini. Cukup banyak potensi daerah yang perlu dimunculkan dan dibantu pendidikannya, dan semuanya perlu sinergitas semua pihak," kata Wakil Rektor III Unja itu.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjabtim Safril yang mewakili Bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto mengapresiasi program "Scholarsips for Better Education" yang diberikan kepada 116 mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Tanjabtim itu. Program itu sangat membantu khususnya bagi mahasiswa dan pelajar berprestasi yang memiliki kendala pembiayaan pendidikan.

"Pemerintah juga telah mengalokasikan bantuan pendidikan dan beasiswa, namun kemampuan anggaran daerah terbatas, sehingga kehadiran perusahaan melalui program CSR seperti ini sangat penting sehingga bisa sinergi," kata Safril.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi atas kiprah SKK Migas PetroChina yang memfasilitasi melalui program beasiswa itu. Ia juga berharap tahun depan bisa terus berlanjut dengan nilai dan jumlah penerima beasiswa itu yang lebih besar dan lebih banyak lagi. (IMC01)